perawatan di rumah sakit Dengan semakin banyaknya masyarakat yang peduli terhadap kesehatannya, tidak mengherankan bila kini asuransi rawat inap dan rawat jalan semakin banyak peminatnya. Bukan tanpa alasan, adanya kedua asuransi ini dapat membantu menghemat pengeluaran saat berobat ke rumah sakit karena biayanya ditanggung pihak asuransi. Untuk besaran biaya yang diberikan biasanya tergantung pada premi asuransi yang diambil di awal.

Nah, untuk Anda yang masih belum terlalu mengenal asuransi rawat jalan dan inap, yuk, kenalan dahulu dengan asuransinya.

Asuransi Rawat Jalan

Sesuai dengan namanya, asuransi rawat jalan ini menanggung biaya perawatan kesehatan tanpa mengharuskan Anda dirawat inap di rumah sakit. Layanannya sendiri berupa rehabilitasi, pengobatan, pengamatan, diagnosis, dan lain sebagainya.

Nah, terdapat beberapa jenis asuransi rawat jalan yang wajib untuk diketahui, di antaranya:

  • Asuransi rawat jalan murni

Produk asuransi yang bisa Anda beli tanpa harus memiliki asuransi jiwa unit link, asuransi kesehatan, hingga asuransi jiwa.

  • Asuransi rawat jalan rider

Produk asuransi yang memberikan manfaat tambahan. Di mana, untuk bisa memanfaatkan produk satu ini, Anda harus membeli polis asuransi kesehatan yang juga memberikan fasilitas untuk rawat inap.

  • Asuransi rawat jalan cashless

Produk asuransi yang memberikan jaminan biaya perawatan tanpa mengharuskan Anda membayar secara tunai. Di mana, di saat berobat, Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi yang dibawa.

  • Asuransi rawat jalan reimbursement

Produk asuransi yang memberikan jaminan pergantian biaya perawatan setelah Anda membayar biaya pengobatan terlebih dahulu di rumah sakit.

Adapun beberapa manfaat yang ditawarkan asuransi rawat jalan ini adalah sebagai berikut:

  • Pemeriksaan dokter umum & spesialis;
  • Biaya obat-obatan (menyetarkan resep dokter);
  • Perawatan gigi (dengan cakupan pemeriksaan, pembersihan, pencabutan, hingga penambalan gigi);
  • Pemeriksaan kehamilan, persalinan, nifas, dan perawatan setelahnya;
  • Fisioterapi (yang disebabkan oleh kecelakaan).

Asuransi Rawat Inap

Berbeda dengan asuransi rawat jalan, asuransi rawat inap menanggung biaya perawatan kesehatan yang mencakup jasa dokter, biaya kamar, pembedahan, obat-obatan, laboratorium, penunjang diagnostik, santunan cacat tetap, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, dan biaya-biaya lainnya.

Pada asuransi rawat inap ini, penggolongan asuransi biasanya berdasarkan pada kelas kamar dan polis asuransi yang diambil di awal.

Berikut merupakan beberapa manfaat yang diberikan asuransi rawat inap, seperti:

  • Meringankan penggunaan dana darurat

Salah satu manfaat yang ditawarkan asuransi rawat inap ini adalah membantu meringankan penggunaan biaya darurat. Di mana, saat Anda dan anggota keluarga sakit dan butuh dirawat di rumah sakit, maka biaya pengobatannya tidak harus menggunakan dana darurat yang sudah disiapkan.

  • Memberikan rasa aman

Dengan adanya asuransi rawat inap ini akan memberikan rasa aman dan nyaman karena mendapatkan perlindungan dari pihak asuransi, terutama dari segi biaya rawat inap seperti di ICU, biaya kamar, dan lainnya.

  • Mendapatkan manfaat tambahan

Anda akan mendapatkan manfaat tambahan berupa santunan biaya yang bisa di luar biaya kamar inap. Misalnya saja, biaya untuk pembedahan maupun operasi, di mana nantinya biaya ini akan masuk ke dalam asuransi rawat inap.

Bagaimana, apakah Anda dan keluarga sudah diproteksi asuransi rawat inap dan jalan? Jika belum, yuk, segera daftar asuransi agar bisa merasakan manfaatnya, terutama saat mengalami pusing yang katanya pertanda kolesterol tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *