memberikan asi
image source: pngio.com

Berdasarkan informasi dari situs Kemkes Indoensia, program ASI yang dikenal sebagai ASI Eksklusif sangat disarankan untuk dikonsumsi bayi sejak usia 0 hingga usia 6 bulan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam ASI seperti oligosakarida, protein, lemak, dan laktosa sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi terutama untuk daya tahan tubuh melawan bakteri dan virus. Selain itu masih, banyak keuntungan lain untuk buah hati dan bunda, apa saja? Berikut ini daftarnya

Keuntungan Memberikan ASI bagi Buah Hati

  • Perkembangan Otak. Menurut informasi dari situ Alodokter, asam lemak yang terdapat di dalam ASI memiliki peran penting untuk perkembangan otak. Dan berdasarkan beberapa penelitian, anak yang diberikan ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.
  • Terjalin Hubungan Emosi. Saat memberikan ASI atau proses menyusui ternyata membantu membangun hubungan emosi antara bunda dan buah hati. Hal ini karena Bunda dan Buah Hati akan saling bersetuhan dan bertatapan sehingga tidak secara langsung terjalin komunikasi tanpa suara antara Bunda dan Buah Hati.
  • Tulang Terbentuk dengan Kuat. Bayi yang diberikan ASI selama 3 bulan atau lebih, akan memiliki tulang belakang dan leher yang lebih kuat dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI atau hanya diberikan ASI kurang dari 3 bulan.
  • Meminimalis resiko SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Penelitian menunjukan bahwa salah satu keuntungan memberikan ASI adalah meminimalis resiko SIDS saat Buah Hati sedang tidur. Untuk mendapatkan efek ini, ASI perlu minimal dikasih selama 2 bulan atau lebih.

Keuntungan Memberikan ASI bagi Bunda

  • Mengurangi Stress dan Pendarahan pada Bunda. Pada proses memberikan ASI / menyusui, akan ada reaksi produksi hormon oksitosin yang memmiliki fungsi untuk membuat Bunda rileks dan mengurangi stress. Selain itu, hormone ini juga membantu mengurangi resiko pendarahan rahim setelah persalinan dan membantuk mempercepat pengembalian bentuk rahim.
  • Meminimalkan Resiko Kanker. Dalam situs Alodokter dan Kemkes, pemberian ASI dapat menekan resiko terjadi kanker rahim dan payudara. Bahkan di situs Kemkes tertulis bahwa salah satu pemicu terkena kanker payudara adalah kurang melakukan pemberian ASI esklusif secara sendiri.

Nah sekarang tahukan kenapa sangat disarankan Bunda untuk memberikan ASI kepada buah hati? karna manfaatnya banyak untuk Buah Hati dan Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *