susu untuk orang lanjut usia
image source: situs homecareassistancemesa

Ternyata bukan hanya anak kecil yang butuh minum susu namun juga orang lanjut usia alias orang yang sudah berumur. Manfaat susu untuk orang lanjut usia adalah dapat menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis. Hal ini dikarenakan susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Lah, bukannya kalsium dan vitamin D juga bisa didapat dari makan lain? Yap betul, namun di susu sudah langsung mengandung ke-2nya dimana untuk penyerapan kalsium yang baik, dibutuhkan vitamin D. Sekali dayung, 2-3 pulau langsung terlampau.

Selain menjaga kesehatan tulang, apakah ada manfaat lain susu untuk orang lanjut usia? Tentu saja ada, berikut ini beberapa daftar-nya berdasarkan situs Hello Sehat dan Klik Dokter:

Menjaga Masa Otot

Pada saat proses penuaan, produksi protein dalam tubuh akan lebih sedikit. Padahal tubuh membutuhkan protein agar kekuatan dan masa otot terjaga. Bahkan beberapa fungsi gerak manusia juga membutuhkan protein. Salah satu sumber protein adalah susu.

Konsumsi susu secara rutin selama proses penuaan, dapat membantu menjaha kadar protein dalam tubuh. Tentu selain konsumsi susu, sangat disarankan untuk melakukan olahraga rutin agar tetap sehat dan bugar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan info dr.Sepriani di situs Klik Dokter, kesehatan jantung merupakan kondisi yang sering dialami saat lanjut usia. Untuk menurunkan resiko penyakit jantung, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalium. Nah, susu mengandungnya kalium yang tinggi dimana kalium dapat menjaga tekanan darah pada orang lanjut usia agar tetap normal.

Menurunkan Resiko Osteoarthritis

Salah penyakit radang sendi yang menyerang orang lanjut usia adalah osteoarthritis. Menurut Arthritis Foundation, susu mengandung kalsium, vitamin D, serta protein yang berpotensi untuk menurunkan resiko terkena penyakit ini. Selain itu kalsium juga dapat melindungi persendian sehingga tidak gampang sakit.

Menurunkan Resiko akan Penyakit Alzheimer

Berdasarkan sebuah studi di the American Journal of Clinical Nutrition, susu ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi dimana dapat mengurangi kerusakan pada otak. Berdasarkan studi tersebut, diduga bisa menurunkan resiko cepat lupa atau penyakit alzheimer pada orang lanjut usia. Tentu disarankan untuk dikonsumi secara rutin.

Selain 4 manfaat diatas, masih ada manfaat lain seperti mengurangi reskiso terkena depresi, mengurangi dehidrasi, dan banyak lagi. Jadi penting sekali loh susu untuk orang lanjut usia. Nah untuk pilihan susunya, pastikan susu yang dikonsumsi tidak mengandung gula yang tinggi. Ingat, konsumsi gula berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *