mata
source image: health.harvard.edu

Banyak yang berkata bahwa kecantikan dapat terpancar melalui mata. Pasalnya, mata merupakan jendela hati, dengan demikian tak heran jika para perempuan berlomba-lomba untuk menampilkan kedua bola mata yang segar nan bercahaya. Tidur yang cukup demi mengatasi mata panda, serta rutin menggunakan eye cream lokal terbaik merupakan salah satu usaha yang dilakukan agar mata selalu terlihat segar.

Nah, selain dua cara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa cara mudah lainnya yang bisa kamu terapkan. Simak triknya, ya:

  1. Kompres dengan kantong teh hijau. Situs Healthline menyebutkan bahwa mengompres mata dengan menggunakan kantong teh hijau dapat membantu mengurangi pembengkakan di area mata dan membuatnya menjadi lebih segar. Hal ini disebabkan karena kandungan polifenol dalam teh hijau, yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG), memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea. Disarankan untuk menyimpan kantong teh hijau terlebih dahulu di dalam kulkas agar dingin, barulah kemudian digunakan sebagai kompres mata.
  2. Manfaatkan air mawar. Menurut PubMed Central, air mawar memiliki efek antiinflamasi dan antiinfeksi yang mampu mengatasi berbagai kondisi mata. Dengan demikian, mata tak lagi terlihat sayu dan juga kering. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa meneteskan air mawar pada kapas, kemudian ditekan-tekan ke arah kelopak mata.
  3. Kurangi konsumsi garam. Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh mengalami retensi air. Retensi air sendiri merupakan sebuah kondisi ketika tubuh mengalami kelebihan cairan. Alhasil, retensi air ini bisa menyebabkan efek peradangan—yang kemudian membuat area mata membengkak. Untuk itu, batasi konsumsi garam setiap harinya, yakni sekitar 1 sendok teh saja per hari.
  4. Penuhi kebutuhan cairan. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Untuk itu, jagalah konsumsi air minimal 8 gelas setiap hari agar tubuh memiliki kelembapan yang cukup dan menjaga area mata agar tidak kering. Jika cuaca di luar lebih panas dari biasanya, kamu juga bisa menambah konsumsi air, ya.
  5. Istirahatkan mata. Setiap harinya, kamu mungkin sangat akrab dengan berbagai perangkat elektronik. Mulai dari laptop, tablet, hingga ponsel. Terlebih jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk terus berhadapan dengan perangkat ini. Biasakan untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali agar mata tidak kering, lelah, atau bahkan iritasi. Caranya pun mudah, yakni dengan menutup mata selama beberapa menit. Atau bisa juga dengan mengedipkan mata dengan cepat untuk membantu menyebarkan air mata alami secara merata ke seluruh area mata.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar matamu tidak kering dan selalu terlihat segar. Nah, khusus untuk kamu yang masih remaja, penting pula bagimu untuk mengetahui masalah kulit yang biasanya rentan menjangkiti remaja. Dengan begitu, kamu bisa mencegahnya dengan baik. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *