klaksonTidak terasa akhirnya bulan depan cicilan mobil Mitsubishi Anda lunas. Artinya mobil tersebut sudah cukup lama bersama Anda dan hal yang sangat wajar, jika dengan bertambahnya usia pakai, mulai muncul beberapa masalah kecil pada mobil. Misalnya saja seperti klakson yang tidak mau berbunyi.

Meskipun bukan masalah besar, tetapi klakson yang mati bisa membuat kegiatan berkendara Anda jadi kurang nyaman. Namun jangan khawatir, artikel ini akan membahas apa saja penyebabnya sehingga Anda bisa mengambil langkah untuk memperbaikinya:

  1. Terjadi masalah pada kabel klakson. Penyebab pertama mengapa klakson tidak berbunyi adalah karena ada masalah pada kabel klakson mobil Anda. Masalah ini biasa terjadi ketika Anda melewati jalanan yang rusak, berkendara dengan kecepatan tinggi, atau bahkan melalui jalan berliku sehingga mengakibatkan kelistrikan pada klakson bermasalah atau putus. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek area kabel klakson dan memperbaikinya.
  2. Sekring klakson terputus. Selain disebabkan karena kabel klakson, sekring yang terputus juga bisa membuat suara pada klakson tidak keluar. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan mencabut sekring klakson kemudian memasangnya kembali. Hanya saja, patut diingat bahwa pengecekan ini bisa dilihat pada area mesin mobil, jadi jika Anda awam terhadap kelistrikan dan tidak tahu di mana letaknya, lebih baik minta bantuan profesional saja.
  3. Switch klakson macet. Selanjutnya, klakson yang tidak berbunyi juga bisa disebabkan oleh switch klakson yang macet. Switch merupakan komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. Jika komponen ini macet, maka ketika ditekan klakson pun tidak akan berbunyi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pembongkaran pada bagian kemudi dan tombol klakson, lalu perbaiki switch-
  4. Klakson rusak. Mobil yang sudah dipakai bertahun-tahun memang berisiko mengalami kerusakan, salah satunya pada area klakson. Jika sudah melakukan hal-hal di atas dan klakson masih belum menyala, bukan tidak mungkin bahwa klakson mobil Anda sudah rusak. Jadi, tak ada salahnya untuk mengganti komponen klakson dengan yang baru.

Itu dia beberapa penyebab mengapa klakson mobil tidak berbunyi. Namun, jika masalah ini muncul setelah mobil lama tidak digunakan, Anda bisa membiarkannya tanpa membawa ke bengkel. Biasanya ssetelah sistem kelistrikan stabil dengan penggunaan rutin, masalah ini dapat selesai dengan sendirinya. Kecuali, jika masalah ini disertai dengan hal lainnya, seperti lampu indikator check engine yang menyala. Artinya Anda sebaiknya lebih waspada dan segera periksa mobil Anda ke bengkel resmi. Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *