tulang
image source: situs verywellhealth

Tulang merupakan komponen penting pada tubuh yang berfungsi sebaagai penopang. Itulah sebabnya, kesehatannya harus selalu dijaga, termasuk juga kesehatan tulang belakang. Misalnya dengan melakukan terapi skoliosis di Jakarta ketika menemukan adanya gejala skoliosis pada tulang belakang.

Sementara untuk Anda yang saat ini masih dalam kondisi sehat, maka sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tulang belakang dengan beberapa cara sederhana dalam situs everydayhealth berikut ini:

  • Perhatikan cara mengangkat barang

Bagaimana cara Anda mengangkat barang yang berada di baawah? Pada umumnya orang akan membungkuk untuk mengambil barang dan kemudian mengangkatnya. Namun untuk menjaga kesehatan tulang punggung Anda, disarankan agar Anda mengubah kebiasaan tersebut. Anda bisa mengambilnya dengan menekuk lutut Anda dan baru mengangkatnya.

  • Posisi saat berbaring

Pada saat Anda berbaring, posisi yang salah ternyata bisa menyebabkan tulang punggung tidak benar-benar beristirahat. Untuk Anda yang sering berbaring dengan posisi telentang, maka usahakan agar tulang punggung berada dalam posisi yang sejajar. Sementara untuk Anda yang senang tidur atau berbaring dalam posisi miring, maka gunakan bantal di antara kedua lutut. Tujuannya adalah untuk menahan tulang pinggul Anda.

  • Pilih kasur, bantal, dan guling yang tepat

Mengapa bantal yang beredar di pasaran memiliki tingkat empuk dan ketebalan yang berbeda? Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan eksperimen terlebih dahulu sebelum membeli bantal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau, jika suatu saat Anda sudah menemukan yang pas, ingatlah ukurannya agar Anda bisa memilih yang sesuai saat bantal lama Anda sudah waktunya diganti. Selain bantal, tingkat keras dan empuknya kasur juga bisa memengaruhi kesehatan tulang belakang. Hindari menggunakan kasur yang terlalu empuk karena dapat membuat tulang punggung mengalami masalah.

  • Tetap aktif bergerak

Gaya hidup pasif yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuhnya saja, tetapi juga untuk kesehatan tulang belakang. Sangat disarankan agar Anda rutin melakukan aerobik sebagai latihan untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika tidak bisa, maka dengan Anda aktif bergerak setiap hari sudah membantu menjaga kesehatan tulang Anda.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Sebagian besar tubuh berisi cairan sehingga penting untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari. Bahkan tulang juga membutuhkan cairan agar bisa terjaga kesehatannya. Sebab, cairan ini berperan penting untuk menjaga elastisitas jaringan lunak dan fluiditas pada persendian.

Bagaimana, tidak sulit kan menjaga kesehatan tulang belakang? Jadi, pastikan untuk memerhatikannya dan jangan mengabaikannya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *