beli mobilPunya mobil baru, wah pasti sangat menyenangkan. Terutama jika ini adalah mobil yang sudah sangat lama diimpikan. Walaupun membelinya dengan sistem kredit melalui perusahaan pembiayaan terpercaya di Indonesia, tetapi tidak masalah yang penting saat ini kamu sudah berhasil mewujudkan keinginan memiliki mobil baru. Apalagi jika membelinya secara tunai, pasti lebih lega karena artinya kendaraan tersebut sudah resmi menjadi milikmu dan kamu tidak lagi memiliki tanggungan apa pun.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan setelah memiliki mobil baru? Berikut ini adalah di antaranya:

Pemeriksaan berkas

Setiap transaksi jual beli mobil bekas pasti akan melibatkan cukup banyak berkas, apalagi jika pembelian secara kredit. Berkas tersebut antara lain yaitu dokumen jual beli, asuransi, dan sebagainya. Pastikan semua berkas lengkap dan juga pelajari beberapa hal yang penting. Seperti hal yang ditanggung asuransi, pengecualian asuransi, biaya denda dan penalti untuk pembelian kredit, dan sebagainya.

Cek kondisi mobil

Pada saat dealer mengirimkan mobil padamu, lakukan pengecekan secara keseluruhan. Dari mulai kondisi fisik dan juga mesin. Mintalah orang dealer untuk ikut melakukan test drive singkat atas mobil tersebut. Ingatlah saat kamu membeli mobil baru, kamu harus mendapatkan barang dengan kualitas yang terjamin bagus. Jadi lakukan hal ini untuk memastikan kamu mendapatkan hakmu.

Registrasi

Untuk kamu yang membeli mobil dengan harga on the road tidak perlu khawatir dengan masalah ini karena semua menjadi tanggung jawab dealer. Namun, jika yang kamu beli adalah mobil dengan harga off the road, maka wajib untuk melakukan registrasi secara manual sebelum bisa menggunakan mobilmu. Tidak perlu khawatir dengan proses ini, karena umumnya dealer tetap siap membantumu jika kesulitan mengurus registrasi mobil barumu.

Free service

Semua mobil baru pasti memiliki fasilitas free service untuk perawatan pertama. Jangan pernah mengabaikan hal ini karena perawatan ini dapat bermanfaat untuk deteksi awal jika ada masalah pada mobilmu. Selain itu, jika kamu mengabaikannya dan memilih untuk melakukan perawatan bukan di bengkel resmi, maka garansi mobil barumu akan hilang.

Meskipun terlihat sederhana, kenyataannya masih banyak orang yang mengabaikan beberapa hal di atas, kecuali untuk masalah registrasi. Padahal semuanya sangat penting untuk dilakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *