kamera cctvMeningkatnya angka kriminalitas tentu harus membuat Anda selalu waspada, termasuk juga untuk mengamankan rumah Anda. Misalnya dengan menerapkan home security system Indonesia seperti pemasangan CCTV di rumah. Namun, ternyata masih banyak orang yang merasa bahwa hal ini tidak diperlukan. Padahal, ada cukup banyak alasan mengapa CCTV di rumah juga dibutuhkan, di antaranya:

  • Mengawasi aktivitas di rumah

Mencari orang yang bisa dipercaya untuk bekerja di rumah sangatlah sulit, baik untuk baby sitter maupun asisten rumah tangga. Itulah sebabnya Anda harus sangat berhati-hati, apalagi jika dalam kesehariannya rumah selalu kosong karena ditinggal bekerja.

CCTV bisa membantu Anda menganalisa perilaku dari orang yang Anda pekerjakan untuk menentukan apakah orang tersebut layak untuk dipertahankan atau tidak. Misalnya untuk baby sitter, apakah dia memperlakukan anak Anda dengan baik? Dan bagaimanakah kejujurannya.

  • Meminimalkan risiko

CCTV tidak bisa secara langsung mencegah datangnya pencuri. Apalagi saat ini banyak orang yang dengan sengaja menutup wajahnya dengan maske atau topi untuk mengecoh rekaman CCTV. Namun, dengan mengawasi apa yang terjadi di rumah melalui CCTV, Anda jadi bisa mengantisipasi terjadinya kejahatan di rumah.

Misalnya ketika Anda merasa ada tamu tak diundang memasuki area rumah atau sedang mengawasi rumah Anda, maka Anda bisa meminta bantuan pada pihak lain. Misalnya pada tetangga Anda atau tim keamanan di lingkungan Anda.

  • Sebagai barang bukti

CCTV hingga saat ini masih menjadi barang bukti yang tak terelakkan dalam berbagai tindak kejahatan. Apalagi saat ini CCTV semakin canggih dengan adanya fitur warna dan jangkauan yang lebih luas. Tidak hanya itu, kualitas gambar pada berbagai CCTV juga semakin baik.

Selain itu, adanya keterangan pasti tanggal dan jam rekaman menjadi bukti yang sangat memudahkan proses penyelidikan.

Cukup banyak kan alasan mengapa CCTV di rumah sangat penting? Jika Anda mulai tertarik untuk memasangnya, jangan lupa buat memerhatikan spot pemasangan CCTV di rumah agar tidak melanggar aturan, ya. Memang, sih, tidak ada aturan pasti yang mengatur pemasangannya, tapi lebih pada menghargai orang di sekitar Anda, terutama hal yang terkait dengan privasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *