nyetir mobilRasa kantuk seringkali muncul saat berkendara, terutama ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Selain dapat membahayakan, mengantuk ketika berkendara tentu dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Terlebih, lagi jika Anda jarang ganti oli mobil.

Untuk itu, supaya tidak mengalami kecelakaan, ketahui dahulu beberapa tips mengatasi rasa kantuk ketika berkendara, check it out:

  1. Makan camilan

Mengonsumsi camilan bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi rasa kantuk ketika berkendara. Meski dapat mengatasi rasa kantuk, tapi ada baiknya hindarilah camilan yang tinggi gula seperti kue kering atau biskuit cokelat karena bisa membuat mata menjadi semakin mengantuk.

Sebaiknya, konsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan karena dapat membantu menstabilkan insulin dan kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Minum kopi atau teh

Selain camilan, mengonsumsi kopi ataupun teh juga ampuh menghilangkan rasa kantuk saat berkendara. Kafein yang terkandung di dalam kedua minuman ini dapat membantu mengusir rasa kantuk.

Pasalnya, kafein dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin di dalam tubuh sehingga membuat pengemudi menjadi semakin bersemangat saat berkendara. Meski demikian, sayangnya, kafein juga dapat meningkatkan produksi urin, yang membuat keinginan untuk buang air kecil menjadi semakin intens.

  1. Mengobrol & memutar musik

Jika Anda memiliki teman saat berkendara, mengobrol sesuatu yang seru bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantuk. Namun jika Anda berkendara sendirian, memutar musik favorit sambil bernyanyi bisa menjadi penggantinya.

Namun, yang perlu Anda ingat adalah beberapa cara di atas umumnya hanya bisa sementara saja mengatasi rasa kantuk. Jadi jika perjalanan Anda masih cukup jauh, Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk menahan kantuk sampai menemukan lokasi beristirahat yang aman.

Tidak perlu di penginapan, Anda juga bisa memarkirkan mobil di suatu tempat dan tidur sejenak di dalam mobil. Sebab, rasa kantuk hanya dapat dihilangkan dengan tidur jadi selama Anda belum melakukannya, kemungkinan rasa kantuk tersebut akan datang kembali dan mengganggu perjalanan Anda.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *