nyetir mobilSetelah sekian lama menunggu, akhirnya kredit mobil bekas murah yang kamu ajukan diterima. Artinya, tidak lama lagi kamu bisa menyelesaikan transaksi jual beli mobil dan membawa pulang mobil tersebut. Hmm, rasanya pasti sangat senang dan tidak sabar ya?

Hal tersebut memang sangat membahagiakan. Namun jangan lupa, itu sama artinya juga dengan bertambahnya beban pengeluaran Anda. Tidak hanya pengeluaran pasti untuk membayar cicilan mobil Anda saja, tetapi juga pengeluaran lain yang dibutuhkan oleh mobil Anda. Seperti biaya bahan bakar, perawatan, perbaikan saat rusak, parkir, dan sebagainya.

Wah, banyak juga ya? Tenang, jangan keburu panik. Sebab ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi biaya ini, yaitu:

  • Kurangi idling time

Langsam atau idling time merupakan hal yang umum dilakukan oleh para pemilik mobil. Ini adalah kondisi di mana kamu menyalakan mesin mobil dalam posisi berhenti dan tidak menginjak pedal gas. Langsam boleh dan memang harus dilakukan saat sedang macet atau di lampu merah. Namun kamu tidak boleh melakukannya saat sedang parkir biasa atau menunggu orang. Selain bisa meningkatkan polusi udara akibat asap pembuangan, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat drastis.

  • Lakukan perawatan rutin

“Ah, masih bagus, masih enak dipakai artinya belum butuh perawatan.”. Banyak orang yang melakukan perawatan bukan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan tetapi justru ketika mobil sudah tidak nyaman digunakan. Padahal hal ini akan membuat biaya yang keluar semakin besar karena ketika mobil sudah tidak nyaman digunakan, artinya sudah ada mesin yang bermasalah.

  • Berkendara dengan benar

Apa hubungannya berkendara dengan benar dan pengeluaran? Jelas saja ada. Jika kamu sering berkendara dengan melanggar aturan lalu lintas, maka pasti kamu berpotensi sering terkena tilang. Coba kamu total biaya denda tilang yang harus dibayar, jumlahnya pasti lumayan.

  • Bandingkan biaya transportasi dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum

Ada beberapa kondisi di mana menggunakan transportasi umum justru lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Cobalah untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu saat akan pergi. Namun tentunya, bukan berarti setiap kamu akan pergi jadi harus melakukan hal ini ya! Cukup beberapa lokasi saja.

Tidak sulit kan melakukan beberapa hal di atas? Namun, jika kamu bisa melakukannya maka pengeluaran yang harus kamu bayar jadi bisa berkurang banyak, loh! Bagaimana denganmu, apa kamu punya ide lain untuk mengurangi pengeluaran pada mobil?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *