membersihkan ac bauSemakin banyak rumah yang menggunakan AC multi split untuk kamar, atau bahkan beberapa ruangan lainnya. Apalagi dengan kondisi cuaca yang sangat tidak menentu, terutama di area perkotaan. Udara yang panas ketika sudah lama tidak hujan membuat berada di ruang ber-AC terasa sangat nyaman.

Namun, bagaimana jika saat menyalakan AC di kamar justru keluar aroma yang kurang sedap? Pasti akan terasa sangat tidak nyaman bukan? Nah, jika kamu saat ini sedang mengalaminya, jangan khawatir karena artikel ini aka membahasnya.

AC yang mengeluarkan bau tidak sedang biasanya disebabkan oleh komponen dalamnya yang kotor. Ada beberapa komponen kotor yang bisa membuat hal ini terjadi, yaitu:

  • Filter

Filter bisa dibersihkan atau diganti jika memang sudah tidak bisa dibersihkan setidaknya 2 bulan sekali. Namun, untuk kamu yang memelihara hewan atau tinggal di area dengan tingkat debu dan polusi tinggi, waktu penggantian mungkin lebih cepat.

  • Saluran pembuangan

AC pasti memiliki saluran pembuangan air. Ketika saluran pembuangan ini kotor atau memiliki jamur, maka bisa juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Gulungan belakang filter

Sama halnya dengan saluran pembuangan, gulungan belakang filter juga merupakan area yang cukup sering ditumbuhi jamur. Namun, pertumbuhan jamur pada area ini bisa dicegah dengan menyalakan kipas kecepatan tinggi.

AC yang kotor tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan akibat bau yang tidak sedap saja, tetapi juga pada kesehatanmu. Coba saja bayangkan jika seandainya udara yang keluar dari AC ikut serta membawa jamur yang berada pada gulungan filter dan terhirup olehmu? Wah, pastinya sangat tidak baik untuk kesehatan, kan?

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Bisakah kita membersihkan AC sendiri tanpa bantuan profesional?

Sebenarnya memang tidak ada larangan untuk melakukan pembersihan sendiri selama kamu paham mengenai AC dan cara membersihkannya. Namun, jika kamu memang tidak memahaminya, ada baiknya jika tidak mencoba untuk melakukan ini sendiri.

Jangan lupa, AC juga termasuk elektronik yang memiliki harga cukup mahal. Jika kamu mencoba untuk melakukan pembersihan sendiri tanpa mengetahui ilmunya, dan pada akhirnya AC-mu menjadi rusak, kamu sendiri yang akan rugi kan?

Itulah sebabnya, sangat disarankan jika proses pembersihan AC ini diserahkan pada profesional di bidangnya. Selain menjamin kualitas kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *