Menggunakan pipa air panas sangat Anda diperlukan apabila Anda ingin merasakan sensasi mandi air hangat tanpa perlu repot memanaskan air di atas kompor. Kegiatan mandi pagi, terkadang membuat beberapa orang ingin menggunakan air hangat, agar tidak begitu terasa dingin. Dalam keadaan tersebut, Anda harus mempertimbangkan untuk memasang water heater di rumah.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Pasang Pipa Air Panas
Gambar: Dok. architectureartdesigns.com

Menggunakan water heater akan sangat memudahkan Anda ketika kapanpun ingin mandi menggunakan air panas. Karena dengan adanya water heater maka Anda tidak lagi perlu repot memanaskan air di kompor, Anda hanya perlu memutar kran saja, sangat praktis bukan?

Tips Instalasi Pipa Air Panas untuk Water Heater

Nah, untuk Anda yang tengah ingin memasang water heater, maka tentunya ada beberapa hal mengenai pemasangan pipa air panas, yang penting untuk diperhatikan. Misalnya, tentang tata cara pemasangan, dan lain sebagainya. Dibawah ini ada beberapa berkaitan tentang hal tersebut, silahkan simak.

  1. Menentukan Titik Kran

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam instalasi pipa adalah menentukan titik kran. Ini perlu diperhatikan karena nantinya akan menjadi tempat aliran air panas dari water heater. Cara menentukannya adalah, dengan memilih titik yang paling dekat dengan pemanas air, agar dapat menekan pengeluaran. Jika titik telah ditentukan maka Anda bisa menentukan jumlah kran, juga panjang pipa.

  1. Gunakan Pipa Khusus Air Panas

Karena pipa yang akan Anda pasang nantinya akan dialiri dengan air panas, maka Anda penting untuk memilih pipa air panas yang khusus. Ada banyak pipa khusus air panas yang bisa dipilih, misalnya pipa dengan material PVC, pipa dengan material PERT, pipa PP-R atau jenis pipa yang menggunakan bahan tembaga.

Pipa PPR untuk saluran air panas
Pipa PPR untuk saluran air panas. (Gambar: Dok. i.ytimg.com)

Semua pipa khusus air panas ini, bisa digunakan sesuai kebutuhan juga budget yang Anda miliki, karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pipa dengan material PVC (polyvinyl chloride) memiliki bahan yang tebal dan sangat kuat. Sedangkan pipa material PERT memiliki ketahanan suhu hingga 95 derajat celcius.

  1. Letakan Water Heater Satu Setengah Meter Dari Lantai

Penting untuk meletakan water heater dengan jangkauan, atau setidaknya 1,5 meter dari lantai. Hal ini diperlukan agar Anda lebih mudah dalam melakukan perawatan. Jika meletakan water heater dekat dengan lantai, maka ketika ada reparasi terhadap pipa saluran untuk air panas, prosesnya juga tidak akan begitu ribet.

  1. Perhatikan Detail Kran dan Pipa

Hal lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan dalam pemasangan water heater adalah memerhatikan dtail dari kran serta pipa yang akan digunakan.  Untuk memasang kran, pipa, dan kran ada rangkaian yang penting untuk dipertimbangkan, misalnya draft, sambungan, fitting tee, tempat peletakan. Semaunya harus diperhitungkan dengan baik.

Jika rangkaian tidak diperhitungkan dengan presisi dan baik-baik, maka ditakutkan akan terjadi masalah setelah isntalasi dilakukan. Misalnya, kebocoran dan lain sebagainya. Perhitungan yang matang juga memengaruhi budget yang akan dikeluarkan untuk melakukan instalasi.

Agar instalasi air panas yang Anda lakukan di rumah bisa bekerja secara maksimal, maka mau tidak mau, pemilihan pipa air memang menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jadi, cobalah mencari tahu pipa air panas jenis apa yang kira-kira mampu mempertahankan suhu air tetap stabil, dan memiliki kemampuan insulasi.

Insulasi sendiri merupakan suatu teknologi, yang nantinya tidak akan membuat Anda repot harus kembali melapisi pipa dengan menggunakan selubung penahan panas. Karenanya pastikan memilih pipa dengan kekuatan insulasi yang baik, bahkan jika memungkinkan pilihlah pipa air panas dengan standart inter nasional.

Salah satu produk pipa air panas yang memiliki kualitas terbaik adalah Rucika Kelen Green. Tidak hanya satu, pipa Rucika Kelen Green juga memiliki rangkaian produk baik pipa maupun sanmbungan pipa untuk kebutuhan dalam instalasi dan pemasangan pipa untuk saluran air panas di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *