selang industriSemua bidang industri, termasuk di dalamnya industri pertambangan, pasti membutuhkan hose atau selang untuk mendistribusikan cairan maupun gas dari satu tempat ke tempat lainnya. Selang ini biasanya ditempatkan di dalam sebuah hose reel agar lebih mudah digunakan serta tidak mengganggu aktivitas para pekerja. 

Nah, terdapat beberapa jenis selang yang umumnya digunakan untuk membantu mendistribusikan cairan dan gas tersebut, di antaranya:

  • Selang oli

Selang oli kerap dimanfaatkan untuk mengalirkan zat cair bertekanan tinggi seperti oli. Hal ini karena oli memiliki pressure (tekanan) yang begitu tinggi sehingga dibutuhkan media penyalur yang dapat menahan tekanan yang dihasilkan tersebut. Selain oli, selang jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk menyuplai lubricant dari tangki ke mesin produksi, mengalirkan grease atau gemuk, hingga cairan hidrolik. 

  • Selang steam

Selang steam sering digunakan untuk mendistribusikan cairan steam. Selang jenis ini biasanya diberi anyaman kawat stainless steel di bagian terluarnya karena steam merupakan cairan panas bertekanan, sehingga membutuhkan media yang lebih kuat agar bisa menahan tekanan dengan baik. Di samping itu, dengan memberi anyaman pada bagian luarnya ini dapat mengatasi selang bocor akibat selalu terpapar cairan panas. 

  • Selang air

Selang jenis ini umumnya dipakai untuk menyalurkan air dari satu tempat ke tempat lainnya pada industri, khususnya untuk bagian mesin. Biasanya, selang ini dimanfaatkan untuk pembuangan air dari sistem pendingin ke mesin produksi, menyuplai air bersih ke sistem pendingin, sebagai media untuk environment untuk bidang pengelolaan lingkungan. 

  • Selang angin

Selang angin acapkali dimanfaatkan untuk menyuplai angin bertekanan dari mesin produksi yang digerakkan dengan bantuan angin. Umumnya, selang ini sering digunakan untuk piston pump (mesin pompa yang berfungsi untuk memompa zat cair tertentu di mesin industri), spray gun (penyemprot debu, kotoran, serbuk logam agar area kerja tetap bersih), piston valve (pintu buka tutup supply steam, air, N2, oli, hingga angin), dan lain sebagainya. 

Itulah dia beberapa jenis selang yang kerap digunakan di bidang industri, khususnya industri pertambangan. Lantas, Anda menggunakan selang yang mana saja di industri Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *