trukMengendarai truk butuh keahlian khusus. Pasalnya, ukuran serta beban yang dimiliki oleh kendaraan beroda lebih dari empat ini sangat banyak. Tak mengherankan bila seorang pengemudi truk perlu pelatihan mengendarai lanjutan agar dapat mengemudikan truk common rail maupun truk diesel lainnya dengan baik dan aman. Selain itu, pengemudi truk juga sepatutnya mengetahui beberapa informasi tentang cara mencegah kecelakaan ketika mengemudikan truk seperti berikut:

  • Bergerak dengan perlahan. Seperti yang sudah disebutkan diatas, beban angkut truk jauh lebih banyak daripada kendaraan beroda empat. Hal ini membuat laju truk tidak bisa dihentikan dalam waktu yang singkat. Untuk itu, mengendarai dengan kecepatan sedang (atau sesuai dengan rekomendasi jalan) perlu dilakukan seorang pengemudi truk. Seorang pengendara truk profesional mengutarakan jika kecepatan seringkali menjadi faktor utama dalam kecelakaan yang sebetulnya dapat dihindari.
  • Berhati-hati. Kewaspadaan tentu menjadi salah satu faktor penentu keselamatan berkendara. Tak ayal, berhati-hati atau selalu waspada terhadap sekitar dan kondisi truk sendiri merupakan satu tips mencegah kecelakaan saat mengendarai truk. Mulailah dengan memperhatikan titik buta, komponen-komponen pada truk, juga bagian belakang truk sebelum mulai mengoperasikannya. Begitu juga ketika sedang mengemudikan truk, janganlah hanya sekadar fokus pada kendaraan lain di depan truk, namun perhatikan pula kendaraan lain di sisi kiri-kanan serta belakang truk melalui kaca spion.
  • Rencanakan perjalanan. Mengutip laman Smart Trucking, merencanakan perjalanan adalah hal penting untuk dilakukan setiap pengemudi truk. Sebab, pengemudi truk berpengalaman sekalipun masih mungkin menemui kesulitan ketika berada dalam kemacetan atau mencari alamat tujuan pengantaran. Memang, saat ini pengemudi truk bisa mengandalkan bantuan GPS untuk menuntunnya ke destinasi tujuan. Akan tetapi, membuat perencanaan perjalanan yang matang—seperti jalur yang akan dilalui serta opsi alternatif lainnya—bisa membantu seorang pengemudi truk dari kecelakaan. Hal ini disebabkan oleh kesiapan pengemudi ketika menghadapi situasi tak terduga, misalnya seperti kemacetan.

Demikianlah ulasan tentang 3 cara mencegah kecelakaan saat mengendarai truk. Selain ketiga tips di atas, ada baiknya pengemudi juga memastikan jiwa dan raganya fit sebelum berkendara. Sebab, ini merupakan salah satu tips aman berkendara bagi sopir truk. Dengan begitu, risiko kecelakaan dapat lebih diminimalkan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *