Kotak makan merupakan salah satu media atau tempat yang dibutuhkan ketika ingin membawa bekal. Ada berbagai sebutan untuk barang satu ini, salah satunya adalah  Bento Box yang terinspirasi dari budaya Jepang yang menyusun bekal makanan dengan berbagai kreasi uniknya dan ide kreatifnya.

Box bento sendiri menjadi kebutuhan mengingat kurang terpercayanya tingkat kesehatan dari jajanan atau konsumsi di beberapa daerah. Tentu perbiahasa “Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati” sangat penting dengan kehadiran makanan yang sehat.

Tips Memilih Bento Box
Sumber: bon appetit

Namun perlu diingat bahwa makanan yang sehat juga harus diikuti dengan bahan dan material sehat di Bento Box atau kotak bekal makanan kamu. Dalam hal ini, Bento Box memiliki banyak masalah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit terkait material penggunaannya.

Tren membawa Bento Box juga memang sedang marak belakangan mengingat kebutuhan masyarakat yang umum dan secara luas, yaitu makan. Dengan membawa bekal juga kamu mampu menabung dan dihitung-hitung menjadi murah mengingat pengeluaran di tempat-tempat mahal

Perlu diingat menjadi hemat adalah kebutuhan, namun jangan sampai kamu jatuh sakit hanya karena material kotak makanan atau Bento Box berdasar dari bahan yang tidak baik untuk kesehatan.

Yuk cek tips memilih Bento Box yang tepat dan sesuai dengan standar agar kamu dapat hidup sehat dan nyaman!

1. Cek Bahan atau Materialnya

Kotak makan terbuat dari beragam bahan material, yaitu stainless steel, kayu, plastik, dan aluminium. Beberapa bahan tersebut sepert stainless steel atau plastik marak dipilih karena cukup awet dan praktis.

Cek Bahan atau Materialnya Box Bento.
Sumber: medium

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah kemasan yang Food Grade dan BPA Free. Kelas Food Grade sendiri berarti kotak makan dibuat dari bahan yang layak dan aman digunakan. Sedangkan, BPA merupakan zat kimia sintetik yang berpotensi merusak tubuh. Jadi, tentukan pilihan kotak makan yang mencantumkan kedua hal tersebut.

2. Pilih Ukuran dan Desain yang Sesuai

Kebutuhan setiap orang memang berbeda, ada yang suka hal kecil maupun besar di beberapa aspek. Satu hal yang perlu disimak adalah kebutuhan kamu dalam membawa Bento Box. Bila ingin membawanya sebagai bekal di tempat kerja, maka barang yang sedikit besar atau dapat ditumpuk menjadi pilihan.

Pilih Ukuran dan Desain Bento Box yang Sesuai
Sumber: japan design

Berbeda kasus bila membelikan untuk anak kecil yang tidak memakan banyak tempat serta pilihan lauk yang variatif. Tentukan ukuran yang kamu perlukan serta pertimbangkan jumlah sekat yang ada di Bento Box pilihan kamu.

3. Kemudahan Perawatan

Bila sudah membeli Bento Box tentu dibutuhkan perawatan yang pas terkait dengan bahan yang digunakan. Banyak cara merawat Bento Box yang berbeda terkait segi bahan yang digunakan, seperti kayu yang harus dikeringkan setelah dicuci.

Kemudahan Perawatan Bento Box
Sumber: house of ho

Karena bahan berdasarkan kayu yang lembab akan mudah ditumbuhi jamur dan mengalami proses pelapukan. Berbeda dengan plastik yang harus dicuci dengan air hangat agar noda lemak yang bersarang mudah dihilangkan.

4. Memilah Merek atau Brand Ternama

Beberapa Bento Box atau kotak makanan memiliki kualitas yang sangat berbeda bila mengacu pada merek. Keperluan ini memang sangat mendesak, mengingat banyaknya persaingan yang diterapkan oleh penyedia kotak makanan.

Pilih Merek atau Brand Bento Box Ternama
Sumber : Pinterest

Tentu brand seperti Zojirushi, Tupperware, Lock n Lock, Tedemei, dan Yooyee cukup merajai pasar Bento Box. Tentukan brand yang kamu pilih sebagai teman bekal dan yang pastinya akan awet dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Menyesuaikan Harga

Bento Box sangat variatif dari segi harga, mengingat banyak nama, kebutuhan serta desian yang ditunjukkan. Ada juga kebutuhan dari segi material, yaitu FBA Free dan Food Grade yang mampu meningkatkan daya saing untuk menggaet calon pasar.

Menyesuaikan Harga Bento Box
Sumber: asvel japan bento box

Harga juga mengambil peran dan indikator penting untuk kebutuhan spesifikasi dari Bento Box, apakah memiliki konsep menumpuk, material yang kuat, warna yang cukup mencolok serta kebutuhan yang fungsional.

6. Memastikan Kualitas dan Fitur

Satu tips terakhir yang tidak kalah penting adalah fitur Bento Box. Menjadi tempat makan merupakan hal yang mudah, hanya membutuhkan permukaan yang alus dan padat. Namun pastikan fitur yang lebih dari Bento Box kamu.

Memastikan Kualitas dan Fitur Bento Box
Sumber: aliexpress

Ada beberapa hal yang dapat menjadi nilai jual, seperti penggunaan silicon di areal penutup Bento Box agar tidak tumpah, tingkat tahan panas atau heat resistance serta sekat penyangga di Bento Box kamu.

Itu dia beberapa tips memilih Bento Box yang tepat dan sesuai kebutuhan kamu. Ada baiknya memilih material yang penting untuk kesehatan, ada juga yang memilih Bento Box karena desain dan kualitas.

Semua tergantung kebutuhan masing-masing pembeli. Apakah kamu salah satu orang yang membutuhkan kemudahan dengan desain yang kecil dan ringkas dibawa, atau dimensi yang besar dan mengandalkan porsi makanan yang besar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *