anakFisioterapi adalah cabang ilmu medis yang membantu mengembalikan dan meningkatkan fungsi tubuh manusia. Perawatan ini berpusat pada saraf dan otot manusia. Selain bertujuan untuk mengobati kesehatan fisik anak, fisioterapi anak juga bisa menjadi media dukungan bagi orang tua dari anak yang memiliki gangguan kesehatan fisik.

Perawatan yang dilakukan oleh fisioterapis anak dapat berupa pemijatan jaringan lunak, pergerakan, peregangan, latihan terapi khusus, hingga pengajaran postur tubuh. Sedangkan pada orang tua anak dengan masalah kesehatan fisik seperti down syndrome atau autism spectrum disorder, fisioterapis anak dapat menjadi pendamping mereka dalam merawat anak. Pasalnya, cara tiap orang tua menghadapi realita anaknya yang sakit bisa bermacam-macam. Tidak sedikit yang berujung pada depresi, oleh karenanya, mereka butuh bantuan fisioterapis anak dalam menjaga anak. Beberapa contoh masalah kesehatan anak yang dapat diobati melalui terapi ini adalah:

Cerebral palsy

Ini adalah adalah kelainan pada gerakan atau postur tubuh yang terjadi saat masa pertumbuhan anak. Anomali ini terjadi akibat kerusakan pada otak, yang bersifat permanen dan tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perubahan yang didapat oleh penderita cerebral palsy dari kegiatan fisioterapi.

Global development delay

Ini adalah adalah kondisi ketika anak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suatu perkembangan dalam masa pertumbuhannya. Contohnya dapat berupa berjalan atau berbibcara, bergerak, belajar hal baru, dan berinteraksi dengan orang lain. Di beberapa kasus, global development delay butuh pengobatan atau pendampingan secara berkelanjutan. Namun, sebagian kasus global development delay lainnya dapat disembuhkan dengan fisioterapi.

Down syndrome

Ini adalah kondisi genetik yang menyebabkan fisik anak memiliki kelainan, serta mengganggu kemampuan belajar anak. Beberapa ciri fisik down syndrome adalah bentuk otot yang tidak sempurna, tinggi atau berat badan yang lebih kecil daripada orang seusianya, serta fitur wajah yang unik. Seorang penderita down syndrome dapat memiliki semua kategori ini, atau bahkan tidak sama sekali. Keadaan ini tidak dapat disembuhkan, namun, dengan bantuan fisioterapi, penderita down syndrome tetap dapat tumbuh sehat dan berkembang seperti orang lain.

Autism spectrum disorder

Ini adalah kelainan yang timbul dalam masa perkembangan anak. Anomali ini biasanya terlihat pada dua tahun awal usia anak. Orang dengan autism spectrum disorder memiliki kesulitan pada komunikasi sosial dan interaksi, minat yang sempit, dan perilaku yang berulang. Seperti down syndrome, autism spectrum disorder juga merupakan keadaan seumur hidup. Namun, fisioterapi dapat membantu penderitanya untuk tumbuh dan berkembang seperti orang lain.

Salah satu jenis terapi yang sering digunakan untuk membantu anak dengan kondisi di atas adalah terapi okupasi. Mungkin masih banyak yang bertanya, apa sih terapi okupasi dan siapa saja yang membutuhkannya? Serta apa saja manfaatnya? Secara sederhana, terapi okupasi yaitu terapi khusus yang dilakukan oleh seseorang dengan kondisi tertentu yang membuatnya kesulitan melakukan beberapa aktivitas keseharian secara normal. Dengan bantuan terapi ini, diharapkan pasien dapat mengatasi masalah tersebut sehingga mampu untuk lebih mandiri tanpa bantuan orang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *