AC CassetteSiapa sangka, AC atau lebih dikenal dengan pendingin ruangan ini terdiri dari banyak jenis, loh. Sebut saja, AC sentral gedung yang mana proses pendingin udaranya terpusat pada satu tempat, lalu kemudian dialirkan ke semua ruangan yang saling terhubung. Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana sistem dan siklus kerja AC sentral. Pendingin ruangan seperti ini memiliki beberapa komponen utama, di antaranya chiller, air handling unit, cooling tower, ducting, sistem pemipaan, hingga sistem kelistrikan.

Namun, tak hanya AC Sentral, terdapat pula AC Cassette. Berbeda dengan AC Sentral, AC Cassette biasanya diletakkan di dalam ruangan dengan aliran udara 3600. AC jenis ini cocok digunakan pada ruangan yang memiliki ukuran cukup besar seperti perkantoran, gedung bertingkat, restoran, dan lain sebagainya.

Biasanya, AC satu ini dipasang di langit-langit ruangan. Di mana, bagian indoor-nya di pasang di bagian plafon ruangan, sedangkan bagian outdoor ditaruh di luar ruangan dengan jarak lumayan jauh agar tidak mengganggu proses pendistribusian aliran udara ke dalam ruangan. AC ini pun memiliki beberapa komponen, seperti:

  • Blower.
  • Kondensor.
  • Auto swing.
  • Sinyal infra-red.
  • Sensor untuk temperatur.
  • Sensor jumlah orang yang bisa dilihat dalam ruangan.

Nah, terdapat beberapa kelebihan yang ada pada AC satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut: (source: achawana.com)

  1. Instalasinya mudah. Meski AC ini diletakkan di langit-langit ruangan, akan tetapi untuk pemasangan atau instalasinya terbilang cukup mudah. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga tidak akan menghabiskan banyak tempat.
  2. Dilengkapi dengan sensor ganda. AC jenis ini dilengkapi dengan sensor ganda. Adanya sensor ini membantu memaksimalkan kinerja AC sehingga menciptakan udara yang nyaman dan semakin segar.
  3. Tersedia kendali aliran udara. Pada AC satu ini terdapat kendali aliran udara sehingga penggunaannya bisa dikontrol dengan sangat mudah. Dengan begini, tentu penyebaran udara dalam ruangan pun menjadi lebih merata dan cepat.
  4. Perawatannya mudah. Perawatan dan maintenance AC Cassette ini juga terbilang mudah dan cepat.

Itu dia penjelasan singkat mengenai AC Cassette lengkap dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *