lem pada kacaLem yang menempel di kaca memang bisa merusak pemandangan dan mengganggu jarak pandang Anda. Terlebih jika lem tersebut sudah mengering dan susah untuk dibersihkan. Memang, setelah menggunakan lem kaca untuk memperbaiki kaca yang pecah, mengganti kaca film, atau bahkan merekatkan lensa kacamata pada bingkainya, sisa-sisa lem ini seringkali tertinggal. Sulit untuk menghilangkan bekas lem ini, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Anda bisa lho membersihkan bekas lem ini dengan alat dan bahan yang ada di rumah. Simak cara lengkapnya di bawah ini, ya!

Alat dan bahan:

  1. Sarung tangan
  2. Pengering rambut atau kain lap yang direndam air panas
  3. Cuka atau cairan pembersih kuteks
  4. Campuran bubuk soda dan minyak
  5. Sabut baja
  6. Pisau besi

Langkah pembersihan:

  • Gunakan sarung tangan sebelum memulai proses pembersihan lem pada kaca.
  • Nyalakan pengering rambut dan panaskan lem yang menempel di kaca. Hal ini dimaksudkan agar lem yang tadinya mengering akan meleleh dan mudah untuk dibersihkan. Jika Anda tak punya pengering rambut, boleh gunakan kain lap yang direndam dengan air panas lalu tempelkan ke area yang ternoda dengan lem.
  • Cek area lem-nya. Jika masih belum meleleh (dalam artian terlepas), ulangi langkah di atas.
  • Jika tempelan lem sudah mulai melepas, semprot bahan pembersih (cuka atau cairan pembersih kuteks) dan gosok sampai lem terlepas seluruhnya.
  • Bersihkan area bekas lem dengan mengoleskan campuran bubuk soda dan minyak. Diamkan selama 2 menit agar pembersih ini meresap.
  • Jika sudah, gosok dengan sabut baja atau gunakan pisau besi untuk mencungkil sisa perekatnya satu persatu.
  • Setelah permukaan kaca terbebas dari lem, lap dengan menggunakan air sampai bersih.
  • Permukaan kaca kini sudah bersih kembali!

Well, ternyata mudah, ya, membersihkan bekas lem di permukaan kaca! Satu hal yang harus diperhatikan, hindari menyemprotkan campuran pembersih pada area yang tidak terkena lem karena hal tersebut bisa merusak lapisan kaca. Nah, tak hanya penting mengetahui cara membersihkan lem pada permukaan kaca, Anda juga disarankan mencari tahu cara maupun tips-tips sebelum membeli lem besi atau lem jenis apapun agar tak salah pilih dan bisa digunakan secara maksimal untuk merekatkan berbagai perabotan maupun peralatan rumah tangga. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *