sofa kulitMemelihara hewan seperti kucing atau anjing di rumah mungkin merupakan metode pelepas stres bagi sebagian orang. Tingkah laku dan sikap menggemaskan keduanya adalah sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Pun bagi Anda, mungkin kehadiran hewan peliharaan tak dapat dimungkiri manfaatnya. Di sisi lain, memiliki piaraan juga menimbulkan ‘perkara’ baru, seperti urusan sofa minimalis di rumah Anda, misalnya.

Jika Anda merasa kebingungan tentang pemilihan sofa yang cocok dengan aktivitas hewan piaraan di rumah, tak perlu khawatir. Simak lebih lanjut artikel ini untuk tahu bagaimana cara memilih sofa jika Anda memelihara kucing atau anjing di rumah!

  • Utamakan sofa berbahan kulit

Jika Anda berkesempatan untuk membeli sofa sebelum piaraan Anda ada, maka belilah sofa berbahan kulit. Ya, dilansir dari berbagai sumber, material sofa yang paling baik untuk Anda yang memelihara hewan piaraan adalah kulit berpigmen. Sebab, bahan kulit cenderung tahan lama dan lebih mudah dibersihkan. Sehingga, ketika piaraan Anda mencakar atau meninggalkan jejak (berupa bulu atau bekas buang air) di atas sofa, proses pembersihan yang perlu Anda lakukan tidaklah merepotkan.

  • Bukan sofa kulit, sediakan pelapis sofa

Bila Anda sudah lebih dulu membeli sofa baru memiliki hewan peliharaan, solusi yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan kain pelapis sofa. Andaikan sofa baru Anda bukan dari kulit, Anda bisa meletakkan pelapis sofa di atas furniture tersebut, agar ketika hewan piaraan Anda tidur atau bermain-main di atasnya, tak ada jejak yang tertinggal.

Material hypoallergenic dengan tenunan alami seperti wol atau linen adalah bahan pelapis sofa yang paling baik untuk hewan peliharaan. Pasalnya, kedua material ini tidak akan ‘menarik’ partikel-partikel kecil dari benda lain. Dengan demikian, ketika hewan piaraan Anda menduduki sofa tersebut, bulu-bulunya yang tertinggal tak akan terlalu banyak. Selain itu, bahan ini pun bersifat antimikroba serta memiliki ruang udara (breathable). Sehingga, keduanya tidak akan menyerap bau tak sedap dari hewan piaraan Anda. Akan tetapi, karena wol dan linen merupakan tenunan alami, jangan lupa memperhatikan panjang kuku hewan piaraan Anda, ya. Jangan sampai kain pelapis justru sobek karena tercakar hewan piaraan Anda.

Itulah dia 2 kiat pemilihan sofa bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan. Semoga tips di atas dapat membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *