air bauAda beberapa hal yang harus Anda waspadai saat mandi dengan menggunakan air hangat dari Water heater. Misalnya saja seperti bau yang keluar dari alat tersebut, karena mungkin saja bau ini menunjukkan sebuah tanda adanya ketidakberesan pada water heater. Namun jangan khawatir, karena untuk masalah ini ada solusinya. Pertama-tama yang perlu Anda ketahui adalah penyebab dari bau tersebut karena penyebab air bau pada water heater ternyata tidak hanya 1. Sedangkan untuk penanganannya ada beberapa cara:

Cara Paling Sederhana dan Paling Murah

Cara ini sebenarnya tidak akan menghilangkan bau dari water heater Anda secara permanen namun ini cara paling sederhana, gampang dan murah yang bisa dilakukan. Gimana caranya? Gampang banget, Anda hanya perlu

Cara Pertama

  • Mematikan saluran air yang menuju ke water heater agar tidak ada lagi air yang masuk ke dalam water heater membersihkan tangki water heaterselagi Anda membersihnya.
  • Buka keran di kamar mandi atau tempat cuci piring agar semua air panas yang tersimpan di dalam water heater keluar.
  • Setelah air tinggal setengah, tuangkan obat Hidrogen Peroksida yang bisa ditemukan di toko obat ke dalam tangki water heater.
  • Tutup kembali tangka dan nyalakan saluran air ke water heater. Biarkan air mengalir masuk dan keluar dari water heater untuk beberapa saat.

Namun cek kembali buku panduan water heater, beberapa water heater menawarkan cara lain yang biasanya sudah terterah di buku panduan.

Cara Ke-2

  • Cara ini lebih gampang dari cara pertama dan tidak perlu menggunakan obat. Loh, bisa? Yap, sebenarnya air bau dari water heater tidak berbahaya untuk kesehatan, Cuma bau aja. Biasanya bau ini disebabkan water heater yang jarang dipakai terutama yang water heater bertangki. Untuk menguranginya Anda hanya perlu menggunakannya secara rutin (sehari sekali lah).

Cara yang Lebih Bertahan Lama dan Perlu Mengeluarkan Uang

Jika cara paling sederhana dan paling murah no 1 dan 2 tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara yang ini karena bisa saja, bau pada air water heater disebabkan oleh batang magnesium atau aluminium anoda yang mengalami hydrogen sulfide. Lalu gimana cara memperbaikinya? Caranya hanyalah 1 yaitu mengganti anoda dengan anoda yang terbuat dari anoda yang terbuat dari campuran aluminium dan besi anoda.

Sebelum mengganti anoda, pastikan air di dalam tangki pemanas air sudah dikuras habis. Setelah pemasangnya, biarkan air mengalir masuk terlebih dahulu ke tangki baru Anda buka keran air agar air yang bau hilang. Air masih tetap bau? Coba cek apakah bagian dalam tangki berkarat atau tidak.  Jika memang berkarat, disarankan untuk mengganti tangki dengan tangki yang lebih tahan karat kedepannya.

Semoga artikel info penanganan air water heater bau membantu dan sampai jumpa di artikel lainnya. –hm-

2 thoughts on “Air Water Heater Bau? Bukan Masalah”

  1. Halo. Saya mau tanya saya pakai water heater mrk niko.baru 2 bln.kalau ngga d pakai slalu bau gas.saya cium d jendela mesinnya kadang2 bau gas.mhn penjelasanya.trimakasih sebelumnya

    1. kemungkinan adanya kebocoran kecil entah di pipa, sambungan pipa atau katup. Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan. Jika bisa hubungi profesional untuk lebih aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *