Bicara tentang properti Indonesia, tidak akan terlepas dari pembangunan apartemen, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, atau bahkan stadion. Begitu juga halnya yang terjadi di Dubai, negara yang terus menuai sensasi dengan pembangunan gedungnya yang selalu menakjubkan. Tidak terhitung lagi berapa banyak bangunan yang telah mengagetkan masyarakat dunia dengan konsep yang imajinatif, seolah tidak nyata, dan seakan berada di luar batas-batas arsitektur. Dubai berubah menjadi sebuah negara yang menjadi kiblat dalam dunia properti dan juga arsitektur.

stadium tennis bawah lautBaru-baru ini, Dubai kembali memperkenalkan proposal proyek stadion tenis di bawah laut dengan nama underwater stadium. Proyeknya sendiri akan dikerjakan oleh firma arsitektur berbasis Polandia yakni Krzysztof Kotala dari 8 + 8 Concept Studio. Sebelumnya, Kotala sudah pernah merekomendasikan ide gila ini ke Qatar dan juga Jepang. Hal ini disebabkan karena negara-negara tersebut merupakan tuan rumah penyelenggara olahraga akbar di dunia. Qatar akan menjadi tuan rumah dalam FIFA World Cup 2022 dan Jepang akan menyelenggarakan Olimpiade 2020. Untuk Jepang dan Qatar, masih belum didapat informasi apakah negara tersebut menerima ide yang ditawarkan Kotala atau tidak. Sejauh ini, hanya Dubai saja yang setuju untuk mewujudkan stadion di bawah laut tersebut.

Dilihat dari segi desain, lapangan tenis tersebut berada di bawah laut dengan permukaan kaca yang dibuat melengkung. Kaca dibuat dari bahan karbon dan juga semen nano yang sangat ramah lingkungan. Di atasnya, ikan-ikan berenang dengan bebas menjadi pemandangan yang tidak biasa. Fasilitas yang berada di stadium ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan stadion olahraga pada umumnya. Yang membedakan adalah adanya fasilitas untuk menunjang rekreasi dan juga pameran untuk sarana edukasi.

Proyek ini diharapkan bisa menjadi fasilitas umum sekaligus tempat wisata yang membawa keuntungan ekonomi di bidang konstruksi. Hal ini sejalan dengan rencana World Expo 2020 yang akan digelar di Dubai. Proses pembangunannya sendiri akan selesai dalam jangka waktu lima tahun dengan biaya miliaran dolar. Selain Dubai, ternyata ada juga negara lain yang sedang berencana mendirikan sebuah bangunan unik loh. Di Amerika, tepatnya Chicago sedang direncanakan akan dibangun Lucas Museum of Narrative Art yang akan diisi dengan berbagai benda pribadi miliki pecinta Star Wars. Bentuknya sendiri akan direncanakan berbentuk seperti kapal luar angkasa. Hmm… semoga pembangunan properti Indonesia tidak kalah dengan di luar negeri yah. (Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *