stress pekerjaanTidak ada satupun pekerjaan yang benar-benar selalu berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Meskipun pekerjaan terasa menyenangkan dan sesuai dengan minat Anda sekalipun, tetap saja ada hal yang bisa membuat Anda merasa stres kerja. Bahkan untuk Anda yang bebas memilih coworking space SCBD untuk lokasi bekerja sekalipun tetap bisa mengalaminya. Apalagi Anda yang harus bekerja di lokasi sama dan bertemu dengan suasana serta orang yang sama setiap hari.

Namun sayangnya, banyak yang terkadang kurang menyadari hingga akhirnya stres ini cukup parah dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski sudah mengetahui betul bagaimana cara menghindari stres di tempat kerja, akan tetapi jika tidak diaplikasikan dengan baik tentu tak akan ada gunanya. Untuk itu, agar Anda tidak mengalaminya, berikut ini adalah beberapa gejala stres yang harus diwaspadai:

Mudah marah

Anda menjadi sangat mudah marah dan kesal hanya karena masalah yang kecil sekalipun. Tidak hanya saat Anda merasa mengalami kesulitan menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi juga saat sedang bersosialisasi dengan rekan kerja. Misalnya ketika ada rekan kerja yang tidak sependapat dengan Anda, maka Anda langsung tersinggung dan marah. Tentunya hal ini akan berakibat buruk pada hubungan kerja Anda dengan orang sekitar.

Sering sakit

Anda mulai sering merasakan berbagai keluhan penyakit ringan hingga berat. Seperti pusing, mual, hingga jantung berdebar-debar. Namun penyakit tersebut tidak akan terdeteksi saat diperiksakan ke dokter karena semua keluhan tersebut muncul akibat sugesti atau yang biasa disebut gejala psikomatis.

Tidak bersemangat ke kantor

Tidak bersemangat pergi ke kantor pada orang yang stres berbeda dengan tidak bersemangatnya seseorang hanya karena malas atau masih ingin berlibur. Pada seseorang yang sudah mengalami stres, mereka membayangkan berbagai hal negatif yang akan menyambutnya di kantor sehingga membuatnya merasa tertekan atau bahkan takut ke kantor. Dari mulai tumpukan pekerjaan, takut dimarahi atasan, dan sebagainya.

Sering melakukan kesalahan

Ketika Anda stres, Anda tidak akan bisa berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Akibatnya, semakin banyak kesalahan yang dilakukan sehingga akan semakin menambah tekanan Anda.

Kehilangan kepercayaan diri

Banyaknya kesalahan yang dilakukan, secara langsung akan memengaruhi rasa kepercayaan diri Anda. Anda jadi merasa bahwa Anda memang tidak mampu untuk mengejakannya dan pada akhirnya memilih untuk menghindari dari pekerjaan tersebut.

Memang, stres akibat pekerjaan adalah hal yang wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Meskipun begitu bukan berarti bisa diabaikan begitu saja. Sebab, hal ini dapat mengganggu hubungan antara Anda dengan orang di sekitar dan juga bisa mengganggu kesehatan Anda. Itulah sebabnya, mengatasi stres sejak dini sangat penting untuk dilakukan. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *