kertas putihAda banyak sekali jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak berbagai macam dokumen di printer A3 maupun printer jenis lainnya. Misalnya saja, art paper, transfer paper, kertas decal, dan sebagainya. Meski sama-sama kertas, tapi semua jenis kertas ini tentu memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya di artikel berikut, check it out:

  1. Art Paper. Art Paper merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki permukaan sangat halus di kedua sisinya. Biasanya, kertas ini dicetak menggunakan tinta pigment art paper China karena memiliki formula quick dry. Kertas ini tidak akan mudah luntur ketika mencetak dokumen maupun gambar berwarna. Kertas satu bisa dimanfaatkan untuk mencetak flyer, katalog produk, kalender, majalah, dan masih banyak yang lainnya.
  2. Transfer Paper. Berbeda dengan Art Paper, Transfer Paper sendiri kerap digunakan untuk mentransfer gambar hitam putih maupun berwarna ke kain katun menggunakan setrika atau mesin press. Tentu saja, menggunakan kertas satu ini untuk mentransfer gambar ke kain akan semakin memudahkan pekerjaan sekaligus cepat karena didukung dengan fitur Dye Based, Pigment Durabrite, dan Anti UV. Kertas ini cocok digunakan untuk mencetak kaos berwarna, kaos terang, hingga kaos gelap.
  3. Kertas Decal. Kertas Decal atau dikenal pula dengan Water Slide Decal merupakan kertas berbahan khusus yang kerap digunakan untuk mencetak souvenir maupun hiasan. Menggunakan kertas jenis dapat membantu menghemat budget sekaligus proses pembuatan souvenir tersebut menjadi lebih mudah. Umumnya, kertas ini kerap ditempelkan pada cover handphone, helm, piring, lilin hias, kaca, mug atau gelas, dan lainnya.
  4. Kertas Glossy. Ciri khas dari kertas ini adalah memiliki permukaan yang mengkilap dan putih karena dilapisi dengan coating glossy. Hasil cetakannya pun akan terlihat elegan, halus, berkilauan, dan cemerlang. Kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak foto, grafik berwarna, koleksi gambar, jasa cetak foto, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah dia beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak berbagai jenis dokumen, foto, gambar, dan sebagainya. Nah, khusus untuk kamu yang berencana menggunakan kertas-kertas di atas untuk mencetak dokumen tapi malah tidak memiliki printer, maka bisa membelinya di https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers/printers?fr=A3. Di website ini, kamu akan menemukan berbagai jenis printer berkualitas. Semoga artikel di atas bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *