lada hitamJika bicara soal lada hitam, yang terlintas di benak Anda mungkin hanya sekadar penyedap masakan dan rempah-rempah. Padahal, lada hitam lebih dari itu, lho. Tak hanya menyedapkan, lada hitam ini juga mampu menunjang kesehatan Anda. Menurut Medical Daily, lada hitam kaya vitamin A, C, B2, B9, dan K, serta tiamin, kalsium, dan tembaga yang mampu menjadi stimulus indera pengecap dan dapat membawa efek positif bagi tubuh Anda.

Tak hanya itu, ada juga beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan, yakni:

  • Melancarkan pencernaan. Lada hitam mampu melancarkan pencernaan karena kandungan asam klorida dan asam hidroklorat di dalamnya. Zat-zat ini kemudian akan membantu membersihkan usus dan mengurangi risiko gangguan cerna lainnya. Tak ada salahnya menambahkan sejumput lada hitam pada masakan Anda untuk menambah rasa sekaligus merasakan khasiatnya pada tubuh Anda.
  • Menurunkan berat badan. Sejak lama, lada hitam juga sudah dijadikan sebagai rempah yang mampu membantu menurunkan berat badan. Khasiat lada hitam sama ampuhnya dengan teh hijau, karena rempah ini mengandung fitonutrien yang berkontribusi untuk mengurangi lemak tubuh berlebih serta meningkatkan metabolisme.
  • Mencegah kanker. Manfaat lain yang bisa didapat dari lada hitam adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko kanker. Lada hitam mengandung antioksidan, vitamin A, dan karotenoid yang dapat membantu mencegah kanker serta penyakit mematikan lainnya. Agar lebih berkhasiat, Anda juga bisa meracik lada hitam dengan campuran kunyit, untuk kemudian dicampurkan pada minuman.
  • Mempertahankan warna asli kulit. Tidak banyak yang tahu bahwa lada hitam ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pasalnya, rempah-rempah ini mampu mencegah pigmentasi dan mempertahankan warna asli kulit Anda. Tidak perlu lagi deh mengonsumsi obat-obatan jika rempah ini dapat membantu menunjang kesehatan kulit dari dalam.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapat dari lada hitam. Mulai sekarang, jangan sungkan lagi untuk mengonsumsi lada hitam secara rutin, ya. Agar lebih nikmat, mungkin Anda bisa menggunakannya pada masakan Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *