Assessment Test karyawanAssessment test (tes penilaian) merupakan salah satu tahap seleksi kandidat karyawan di sejumlah perusahaan. Menurut beberapa sumber, tes ini punya variasi berdasarkan jenis industri, posisi, keahlian (skills) yang dibutuhkan. Akan tetapi, pada dasarnya tes ini akan menilai kompetensi dasar dan soft skill kamu. Jadi, setelah mengikuti program CSR pendidikan untuk tahu kecocokan antara keinginan dan keterampilan kamu, berikut adalah lima hal perlu kamu siapkan untuk mengikuti assessment test:

  1. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka, keahlian berupa soft skill merupakan salah satu hal yang akan dites atau dievaluasi oleh calon atasan kamu. Misalkan kamu lulusan SMK jurusan Akuntansi dan Keuangan, tentu kemampuan kamu terkait dua hal ini akan dites. Kamu mungkin akan diminta untuk membuat jurnal umum dan neraca keuangan dari contoh laporan keuangan perusahaan.
  2. Tes bakat atau aptitude test memiliki arti yang berbeda, tergantung pada perusahaan yang menggunakannya. Menurut situs My Job Search, tes ini sebetulnya merujuk pada penilaian yang akan mengukur potensi kandidat untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa pelatihan atau informasi apa pun. Contoh tes bakat biasanya berupa penilaian numerik, verbal, dan logika. Tapi, di beberapa perusahaan, istilah ini juga bisa berarti ujian berbasis keterampilan teknis atau berpikir kritis.
  3. Kepribadian kamu punya andil yang cukup penting untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, lho. Pasalnya, cara kamu berperilaku atau merespons sebuah situasi (dalam lingkup pekerjaan) akan menentukan apakah kamu layak diterima atau tidak. Oleh sebab itu, kamu mungkin akan diberikan contoh studi kasus nyata dan diminta untuk menyelesaikannya.
  4. Tanggung jawab. Bisa dibilang, perusahaan sedang berinvestasi ketika mempekerjakan seseorang. Untuk itulah, perusahaan akan mencari kandidat paling baik dan cocok untuk posisi yang dibuka. Salah satunya adalah dengan mengukur tanggung jawab calon kandidat karyawan terhadap pekerjaannya. Kalau kamu tiba-tiba sakit, kira-kira bagaimana cara kamu menyelesaikan pekerjaanmu?
  5. Antusiasme atau gairah (passion) merupakan salah satu daya dorong seseorang terhadap suatu hal. Memang, poin paling penting ketika ingin mendapatkan pekerjaan adalah keterampilan. Namun antuasiasme atau passion yang dimiliki seseorang juga bisa membuatnya mendapatkan pekerjaan tersebut, lho. Sebab, antuasiasme akan membuat kamu menonjol dan tampak berbeda dari pelamar lain.

Itulah dia 5 topik yang akan dinilai ketika kamu melakukan assessment test. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu kamu menghadapi tahapan tersebut, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *