rasio hutangHutang adalah sesuatu yang hampir semua orang pernah melakukannya, entah karena kurangnya uang, dompet ketinggalan, atau memang gaya hidup. Semakin banyak hutang yang dimiliki seseorang, maka semakin menunjukkan sedikitnya aset yang dimiliki. Meski demikian, tidak semua hutang merupakan sesuatu yang negatif.

Ada dua macam jenis hutang, yaitu hutang produktif dan hutang konsumtif. Hutang produktif adalah hutang yang digunakan sebagai pembiayaan suatu kegiatan yang dapat mendatangkan manfaat secara finansial secara langsung. Contoh hutang produktif ini adalah hutang yang digunakan untuk modal usaha. Sedangkan hutang konsumtif adalah hutang yang negatif karena digunakan untuk memenuhi kegiatan yang tidak menghasilkan penghasilan.

Tips Melunasi Hutang yang Menumpuk

Hutang yang menumpuk adalah bencana bagi siapapun. Anda harus mulai mencicil hutang-hutang yang menumpuk sebelum berani menambah hutang baru. Berikut adalah tipsnya.

  • Menyusun daftar hutang

Cara pertama untuk melunasi hutang yang menumpuk adalah dengan menyusun daftar hutang terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memudahkan dalam menentukan skala prioritas pelunasan nantinya. Tulislah semua utang dari yang paling sedikit sampai hutang yang paling besar, sesuai dengan susunan yang paling diprioritaskan untuk segera dilunasi, termasuk besaran suku bunga yang harus dibayarkan.

  • Tidak menutup hutang dengan hutang yang baru

Ketika anda sedang giat melunasi hutang, jangan sampai anda menutup pembayaran hutang yang lama dengan membuat hutang baru. Terlebih bagi anda yang gemar berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya anda perlu  menyelesaikan terlebih dahulu hutang yang wajib dibayar. Jangan sampai menerapkan gaya hidup gali lubang tutup lubang dalam hal menyelesaikan utang.

  • Menelaah aset yang dimiliki

Dalam berhutang, anda juga perlu mempertimbangkan aset yang anda miliki.

Jika ternyata utang yang anda miliki sudah melebihi rasio 30 persen dari aset yang anda miliki, maka anda benar-benar perlu menelaah ulang hutang-hutang anda, karena mau tidak mau utang harus tetap dilunasi. Anda perlu melunasi beberapa hutang dengan menjual beberapa aset yang anda miliki. Anda dapat menjual beberapa kendaraan seperti mobil/ motor atau mungkin emas untuk melunasi beberapa hutang sekaligus.

  • Menetapkan prioritas pembayaran

Cara melunasi hutang selanjutnya adalah dengan menetapkan skala prioritas. Pastinya anda memiliki beberapa hutang dengan jumlah yang tak sama dan tempo pembayaran yang berbeda. Anda tentu harus memprioritaskan hutang-hutang dengan tempo paling dekat. Setelah itu, mulailah mencicil hutang-hutang yang memiliki suku bunga paling besar. Setelahnya, anda dapat mulai mencicil hutang dari nominal yang paling kecil.

Hutang juga seringkali dijumpai ketika seseorang membuka warung atau usaha. Hutang dari beberapa orang adalah sesuatu yang sulit dihindari. Anda dapat memanfaatkan aplikasi BukuKas untuk mencatat hutang-hutang tersebut agar anda tetap dapat memonitor arus keuangan anda dengan baik. Selain dari customer, hutang ini juga mungkin anda miliki pada mitra usaha anda dalam beberapa kondisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *