cemilan untuk orang diabetesPasti Anda sering mendengar tentang penderita diabetes yang dilarang ngemil, kan? Larangan ini sebenarnya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena salah persepsi. Namun demikian, camilan yang dikonsumsi pastinya harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai setelah mengonsumsi berbagai macam camilan hingga perut terasa kenyang, alat cek gula darah malah menunjukkan angka yang melonjak tinggi. Hal ini tentunya merupakan mimpi buruk bagi setiap penderita diabetes.

Untuk itulah, selalu kontrol camilan maupun makanan yang Anda konsumsi dan ada baiknya pilih makanan sehat yang bagus untuk penderita diabetes. Tujuannya, tentu untuk menghindari naiknya gula darah di dalam tubuh. Meskipun begitu, camilan-camilan yang tidak sehat memang tetap harus dihindari dan dialihkan ke berbagai camilan yang sehat dan tidak membahayakan untuk kadar gula darah dalam tubuh. Lalu, camilan apa saja sih yang aman dan sehat untuk para penderita diabetes? (source: hellosehat)

Telur rebus

Makanan yang proses memasaknya digoreng harus dihindari karena dapat membuat kadar kolesterol naik dan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes akan semakin membesar. Mulailah beralih untuk mengonsumsi makanan yang proses memasaknya direbus seperti telur yang mengandung banyak protein. Protein yang terdapat di dalam telur ini memang lama untuk diubah menjadi gula darah sehingga kadar gula dalam darah pun tidak akan naik secara pesat dengan mendadak.

Snack dari kedelai

Untuk menghindari mengonsumsi makanan-makanan manis yang dapat memberikan risiko besar kadar gula untuk melonjak tinggi, Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi makanan ringan yang berbahan dasar kedelai. Hal ini dikarenakan kedelai memiliki nilai indeks glikemik yang rendah sehingga mengonsumsi camilan yang berbahan kedelai tidak akan membuat gula darah menjadi naik dengan tinggi secara tiba-tiba.

Buah segar

Buah memang sudah dipercaya sebagai makanan yang memiliki banyak vitamin dan juga nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah memang merupakan camilan yang aman untuk dikonsumsi oleh semua penderita diabetes sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi mengenai naiknya kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi buah-buahan. Namun, buah-buahan yang aman untuk para penderita diabetes adalah buah-buahan yang segar dan bukan buah kemasan yang sudah diolah menggunakan pemanis buatan.

Yogurt

Makanan manis lainnya yang dapat disantap dengan aman oleh para penderita diabetes adalah yogurt. Meskipun yogurt memiliki banyak pilihan rasa yang manis, akan lebih disarankan bagi anda untuk menikmati yogurt yang plain greek yogurt yang kaya protein sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil.

Demikianlah sederet camilan-camilan aman yang dapat dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *