Dewasa ini aplikasi pos atau point of sales semakin banyak dikembangkan. Aplikasi dengan sistem pos semacam ini mulai banyak dikembangkan oleh para developer guna memudahkan dalam transaksi ekonomi dan bisnis.

Mengenal Definisi dan Fungsi Kerja Aplikasi POS

Bisnis bukanlah perkara gampang, butuh keluasan berpikir dan pengambilan keputusan yang tepat agar bisnis yang diusung dapat dikembangkan. Ada banyak cara dan metode yang bisa diterapkan guna mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, salah satunya dengan memanfaatkan dan memilih aplikasi point of sales atau yang disingkat dengan aplikasi pos.

Berkenalan dengan Aplikasi POS

Walaupun sudah marak dikembangkan namun bagi yang masih awam mungkin istiliah point of sale masih terlalu asing di telinga. Jangankan teknis kerja atau sistem kerjanya, point of sale itu apa saja masih bingung. Maka sebelum membahas lebih lanjut baiknya kita mengenal dulu apa definisi point of sale.

Berkenalan dengan Aplikasi POS

Aplikasi POS merupakan aplikasi penjualan atau kasir yang digunakan untuk transaksi penjualan produk, seperti menulis daftar pesanan, kalkulasi keuntungan tiap produk yang dijual dan semacamnya. Baik transaksi yang terjadi secara daring atau di tempat, bentuk pemesanan bisa berupa struk fisik atau pesanan elektronik.

Aplikasi berbasis pos semacam ini kerap dimanfaatkan dalam menjalankan roda usaha, terutama bisnis kuliner, tentu dengan tujuan fleksibilitas dan aksesibilitas dalam meraup lebih banyak pelanggan.

Perbedaan Mesin Kasir dengan Aplikasi Kasir Pos

Lantas apa yang membedakan aplikasi POS dengan mesin kasir konvensional pada umumnya? Jawabannya terletak pada definisi dasarnya. Sejatinya, mesin kasir sendiri merupakan penerapan awal dari sistem point of sales.

Mesin Kasir
Tampilan Mesin Kasir Jadul

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya POS atau point of sales ini memiliki prinsip menyederhanakan atau memudahkan pendataan perhitungan. Dahulu bahkan ketika mesin kasir periode awal masih dijalankan secara manual. Petugas kasir harus menginput nama dan harga produk sendiri.

Modernisasi yang semakin masif mengakibatkan banyak alat mengalami beragam inovasi termasuk sistem kasir. Kini mesin kasir sudah dimudahkan mengetahui besaran harga suatu produk dari barcode tanpa harus mengecek tiket harga barang. Proses kalkulasi semakin efektif dan hemat waktu.

Aplikasi Kasir Pos

Inovasi sistem membuat data lebih mudah dikomputerisasi dan tersimpan lebih akurat. Bahkan tidak hanya pada toko swalayan atau supermarket yang menggunakan teknologi yang demikian, warung-warung kecil seperti reseller atau retailer barang mulai menggunakan sistem POS yang memungkinkan untuk melakukan save data di mana dan kapan saja sebab bisa diakses secara daring.

Fungsi Kerja Aplikasi POS

Ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa didapat dari sistem dengan cloud basic ini. Fleksibilitas yang baik mampu mendukung inventaris produk secara aktual sehingga defisit stok barang bisa lebih cepat diakses. Selain itu, transaksi yang terjadi juga jadi lebih gampang dicek sehingga laporan penjualan lebih kredibel.

Fungsi Kerja Aplikasi POS

Pendataan online yang mudah dan cepat memudahkan Anda dalam mengakses selling report di mana saja sehingga Anda bisa langsung memantau mana barang yang laris dijual dan yang masih utuh. Selain pendataan online, penyuntingan harga barang juga bisa dilakukan secara cepat dan hal ini memudahkan Anda jika sewaktu-waktu harga produk modal naik atau turun.

Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan adalah efektivitas kerja. Pelanggan akan mendapat struk belanja lebih cepat dan akurat daripada menggunakan nota manual atau tulis tangan.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi kasir online dengan sistem point of sale ini, Anda bisa mengunduh aplikasi POS Youtap di Google Play Store atau Apps Store. Selain aksesnya mudah, penggunaan aplikasi POS ini juga mudah dan bisa dipasang di perangkat Android maupun komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *