mobil HatchbackPernah mencari tahu istilah khusus dari tipe mobil Anda? Hmm, sebagian dari Anda mungkin jarang mencari tahu hal semacam itu, kan? Nah, tahukah Anda, ternyata ada loh beberapa istilah yang disematkan pada sebuah mobil, misalnya mobil van. Mulai dari; Hatchback, City Car, MPV, dan SUV. Apakah keempat istilah ini memiliki perbedaan? Kita cari tahu jawabannya di artikel ini, yuk! Here we go! (source: viva.co.id)

  • Hatchback. Hatchback merupakan istilah khusus untuk mobil berjenis sedan, namun tidak memiliki buntut di bagian belakang. Desain dari mobil hatchback ini pun jauh lebih modern dibandingkan dengan mobil sedan, di mana bagian bagasi bisa dibuka ke atas layaknya mobil biasa. Memang sih, bagasi pada mobil ini berukuran sangat kecil, akan tetapi jika kursi penumpang dilipat bisa muat banyak barang, kok.
  • City Car. Sesuai dengan nama yang diusungnya, mobil ini khusus digunakan untuk lalu lintas di perkotaan yang memiliki permukaan jalan datar tidak berbatu. Tipe ini memiliki gerak sangat lincah dan hemat bahan bakar minyak, sehingga cocok digunakan pada saat macet. Mobil ini juga bisa dikendarai ke luar kota, namun sayangnya jika jarak yang ditempuh terlalu jauh dapat mengakibatkan mesin mobil cepat panas.
  • MPV. Khusus untuk MPV, biasanya istilah ini disematkan pada mobil yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan. Di samping itu, kapasitas mobil ini juga bisa mengangkut sekitar tujuh orang, oleh karena itulah disebut sebagai mobil keluarga. Dan yang paling menguntungkan, tipe mobil ini memiliki cukup banyak tempat penyimpanan barang kecil, sehingga ini tentu akan semakin menguntungkan untuk pengendara maupun penumpang.
  • SUV. Berbeda dengan sebelumnya, mobil dengan tipe SUV ini bisa melewati berbagai jenis medan, entah itu berbatu, datar, licin, dan sebagainya. Menariknya, mobil ini pun bisa mengangkut penumpang dan muatan barang, sehingga cocok dijadikan sebagai kendaraan untuk bepergian ke luar kota atau  bahkan dijadikan sebagai mobil untuk membuka usaha. Sama halnya dengan MPV, tipe satu ini bisa mengangkut sekitar tujuh sampai delapan penumpang sekaligus.

Itulah perbedaan yang dimiliki oleh Hatchback, City Car, MPV, dan SUV. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: