Berbagai Cara untuk Memeriksa Kondisi Lambung

cek maag
image source: Reader’s Digest

Ketika Anda merasakan rasa tidak nyaman pada area lambung, Anda mungkin memilih untuk mengonsumsi obat maag sebagai cara menurunkan asam lambung. Hal tersebut tidak salah, apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Dengan mengonsumsi obat sesegera mungkin, maka sakit maag akan segera teratasi dan tidak semakin parah. Namun, jangan lupa bahwa masalah lambung bukan hanya maag. Bisa saja Anda menderita salah satu dari 2 jenis infeksi lambung, atau masalah lambung lainnya. Tentunya, masalah tersebut tidak akan sembuh jika Anda hanya mengonsumsi obat biasa. Saat seperti inilah, sangat disarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Saat memeriksakan diri Anda, biasanya dokter akan melakukan serangkaian atau setidaknya salah satu tes untuk memeriksa kondisi lambung. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Manometri

Tes manometri bertujuan untuk mengetahui apakah pasien menderita GERD atau tidak. Tes ini berguna untuk memeriksa fungsi otot LES (lowe esophageal sphincter) yang berperan penting, salah satunya untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Pengukuran pH esofagus

Selain manometri, penyakit GERD juga bisa didiagonsa lewat pengukuran pH esofagus untuk mengetahui keasamannya. Diagnosis GERD bisa terbukti jika pH esofagus naik secara drastis setelah makan.

  • Tes darah

Melalui tes darah, ada atau tidaknya bakteri H.Pylori bisa dideteksi. Jika hasil tes positif, maka pasien terbukti pernah terkontak dengan bakteri pada suatu waktu. Namun hal ini tidak menunjukan bahwa pasien positif terkena infeksi. Tes darah juga bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi anemia. Anemia bisa mendakan adanya perdarahan lambung karena sakit maag.

  • Rontgen saluran cerna bagian atas

Rontgen biasa dilakukan untuk melihat tanda-tanda penyakit termasuk maag. Sebelum dirontgen biasanya pasien akan diminta untuk menelan cairan terlebih dahulu agar hasilnya bisa lebih akurat.

  • Endoskopi saluran cerna bagian atas

Endoskopi merupakan salah satu prosedur pemeriksaan lambung yang cukup akurat. Endoskopi memungkinkan mendeteksi masalah saluran cerna yang tidak bisa dilihat dengan sinar-x. Proses endoskopi dilakukan dengan memasukkan selang kecil fleksibel yang disebut endoskop melalui mulut. Selang ini akan melewati esofagus, lambung, hingga bagian atas usus kecil.

Namun untuk memeriksa kondisi lambung jangan tunggu hingga menderita sakit maag ya! Sebaiknya periksalah secara rutin untuk mencegah sakit maag dan jika sudah merasakan gejala sakit maag yang parah, mintalah rekomendasi dokter untuk melakukan beberapa tes di atas! (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *