tidurBerapa jam kah kamu tidur sehari? Apakah kurang dari 7 – 8 jam? Jika ya, mulai dari sekarang cobalah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Di mana, menurut sebuah hasil studi yang dilakukan di Spanyol yang dikutip dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mereka yang kurang tidur minimal 6 jam sehari sangat berisiko terserang penyakit kardiovaskular. Jika kondisi ini dibiarkan dan kamu juga tidak memiliki alat tensi darah di rumah, tentu dapat memperburuk kondisi tubuhmu.

Untuk itu, cukupilah waktu tidurmu 7 – 8 jam sehari supaya bisa terhindar dari penyakit tersebut. Jika perlu, sebelum tidur, jangan sampai melakukan beberapa kebiasaan buruk ini, ya:

  1. Bermain media sosial

Apakah kamu suka bermain media sosial sebelum tidur? Jika jawabannya ya, cobalah untuk menguranginya mulai dari sekarang. Sebab tanpa kamu sadari melakukan kebiasaan buruk ini ssebelum tidur, maka dapat mengganggu kerja hormon pengontrol tidurmu. Apabila hormon tidur terganggu, tentu kamu akan semakin kesulitan untuk tidur di malam hari.

Pernyataan ini dibenarkan oleh ahli tidur Universitas Southern California, Eric Kezirian, di mana suka bermain handphone sebelum tidur bisa menyulitkanmu untuk tidur, terlebih jika lampu kamar kamu matikan. Ini karena sinar yang dihasilkan layar handphone dapat mengganggu kerja hormon pengontrol tidur.

  1. Makan makanan pedas

Suka lapar di malam hari, lalu memasak makanan yang super pedas ditambah makanan berlemak tinggi? Enak memang, tapi disarankan kamu jangan terlalu sering mengonsumsi makanan seperti ini, khususnya ketika malam hari. Lantaran, mengonsumsi makanan pedas dan berlemak di malam hari, maka dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang mana kondisi ini bisa membuat tidurmu menjadi tidak nyaman.

Jika sudah begini, kamu tentu akan kesulitan untuk tidur dan malah begadang sampai pagi. Untuk itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dan apabila benar-benar lapar sebaiknya konsumsilah makanan sehat seperti oatmeal.

  1. Nonton sampai tertidur pulas

Menghilangkan stres dengan menonton film maupun drama kesukaan memang mengasyikkan, terlebih jika menontonnya di malam hari. Namun demikian, jangan sampai tertidur ketika menonton, ya.

Mengapa? Alasannya karena pada saat kamu tertidur dengan layar gadget masih dalam kondisi menyala, maka dapat merangsang otak untuk menghambat pengeluaran hormon melatonin. Padahal, hormon ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh pada saat tertidur.

Itulah dia beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari sebelum pergi tidur supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *