Semakin banyak Motor di Jakarta, Gimana?

macet jakartaBisa dibilang akhir-akhir ini sedang ada trend kredit sepeda motor termurah di Indonesia terutama di Ibu Kota Jakarta.  Tidak heran jika sekarang semakin banyak pengendara sepeda motor di Jakarta. Jika diterusuri lebih dalam, ternyata tidak hanya Jakarta loh tetapi juga kota-kota disekitarnya seperti Bekasi, Bogor, Depok, dan lainnya. Hal ini pun dibenarkan oleh Pak Prasetyo Edi Marsudi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada Kompas di tahun 2014.

Pengendaraan sepeda motor yang meningkat di kota sekitar Jakarta juga menyumbang kemacetan di jalan-jalan di kota Jakarta. Loh kok bisa? Karena orang yang bekerja di Jakarta tidak hanya orang yang tinggal di Jakarta. Selain di jalur utama kota Jakarta, transportasi umum di lokasi lain di Jakarta masih belum memadai. Bahkan angkutan umum dari kota-kota sekitar yang masuk Jakarta pun belum bisa maksimal menarik perhatian para pengguna jalan untuk menggunakannnya.

Masalah kemacetan yang semakin bertambah, membuat banyak orang mulai berpikir untuk membuat batas kendaraan seperti motor dan mobil yang boleh masuk ke kota Jakarta. Tapi pastinya, pembatasan ini tidak mentah-mentah bisa langsung digunakan. Kenapa? Lah, klo begitu gimana orang dari kota sekitar Jakarta harus pergi kerja di daerah Jakarta yang masih kurang transportasi umumnya. Ehm, iya juga berarti emang gak bisa langsung diterapkan begitu saja ya. Lalu harus gimana?

  • transjakartaHal pertama yang harus dilakukan adalah membenahi transportasi kota Jakarta. Bukan hanya di pusat bisnis doang (daerah segita emas) atau daerah sekitar pemerintahan berjalan) tetapi juga daerah-daerah yang belum tersentuh. Jika berpergian sangat mudah dengan transportasi umum, tentu semakin banyak orang Jakarta akan lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.
  • Setelah transportasi kota Jakarta udah bagus, saatnya bekerja sama dengan pemerintahan di kota sekitar Jakarta untuk membangun sistem tranportasi umum yang memadai dan nyaman. Tentu harganya perlu diperhatikan yo, klo terlalu mahal juga susah karena orang memilih transportasi umum jika mereka tahu bahwa harga yang perlu mereka bayar emang bisa menekan pengeluaran mereka.
  • Sosialisasi perlu jika transportasi udah memadai. Orang-orang tidak akan tahu jika pemerintah sudah membangun transportasi yang baik jika tidak diinformasikan.
  • Pastikan pelayanan terus ditingkatkan. Jangan udah buat kemudian ditinggal begitu saja. Perlu monitoring dan improving untuk memastikan masyrakat tetap nyaman agar mereka betah menggunakan transportasi umum terus menerus.

Bisa dibilang, sekarang transportasi udah lebih baik. Semoga rencana-rencana transportasi umum baru pemerintah DKI Jakarta bisa selesai tepat waktu hingga kemacetan berkurang dan transportasi umum semakin bagus. Hidup Jakarta yang lebih baik.

Bagi yang mau beli motor, jangan lupa mencari info tips beli motor baru untuk pemula biar tahu apa yang harus dibeli dan tidak. Ini berlaku juga bagi kamu uang ingin membeli motor bekas. Sampai jumpa di artikel lainnya–hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *