Aman Mudik dengan Mobil

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman dengan mobil mitsubishi mirage Anda, tentunya ada beberapa hal yang harus diperiksa dan dipersiapkan sebelum berangkat mudik. Salah satunya adalah mengikutsertakan kendaraan ke asuransi mobil agar Anda memiliki proteksi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Nah, agar mudik semakin aman dan nyaman, mulailah mempersiapkan hal-hal di bawah ini setidaknya satu bulan sebelum mudik:

  1. mudikPemeriksaan kendaraan secara menyeluruh. Perjalanan menuju kampung halaman biasanya dilakukan selama satu hari satu malam, di mana mobil selalu dipaksa untuk bekerja sepanjang hari. Untuk itu, mobil harus dipersiapkan agar tetap dalam kondisi yang prima. Anda perlu mengecek kendaraan secara menyeluruh, membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan, dan juga mengganti spare part yang sudah tidak layak pakai. Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor bengkel untuk keadaan darurat, ya.
  2. Pahami rute mudik. Penting sekali untuk dilakukan bagi Anda yang baru pertama kali mudik atau sudah mudik secara rutin. Memahami rute mudik akan membantu Anda dalam menemukan arah yang tepat agar tidak tersasar nantinya. Selain itu, jika jalur yang biasa dilewati sedang macet dan Anda terpaksa harus melewati jalur alternatif, Anda pun sudah memahami wilayahnya dengan baik.
  3. Istirahat yang cukup. Pastikan Anda dan anggota keluarga Anda mendapat istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik atau ketika dalam perjalanan. Badan yang lelah dan juga mata yang mengantuk bisa menjadi bumerang untuk Anda dan keluarga.
  4. Surat-surat penting. Semua kelengkapan surat kendaraan harus dipersiapkan dan disimpan di dalam dasbor mobil. Jangan pernah sepelekan hal ini karena tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Selain itu, data pribadi seperti KTP juga harus selalu ada di dalam dompet, ya. Kalau perlu, simpan salinannya (fotokopi) dan simpan dalam tempat yang terpisah.
  5. Muatan. Membawa muatan yang berlebihan mungkin bisa menjadi salah satu kesalahan orang yang mudik dengan menggunakan kendaraan. Hal ini mungkin masuk akal, mengingat Anda tidak bisa sering-sering pulang ke kampung halaman sehingga begitu mendapat kesempatan untuk mudik, Anda ingin membawakan keluarga Anda di kampung dengan berbagai oleh-oleh dan juga makanan. Namun demikian, jika ruang penyimpanan di mobil sudah tidak memungkinkan, untuk apa dipaksakan? Anda bisa kok menggunakan jasa ekspedisi pengiriman agar mobil Anda tidak overload.

Nah, semoga tips mudik dengan mobil di atas bisa membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *