Rawat Perabot Ukiran dengan Ikuti Trik Ini

furnitur ukir
image source: iwemm7

Meski, kini sudah banyak bermunculan perabot rumah tangga yang dibuat langsung dengan teknologi super canggih, namun nyatanya masih banyak pengguna yang masih mempergunakan perabot rumah tangga yang diukir langsung oleh para pengrajin. Memang, dengan hiasan dari perabot ukiran ini, maka akan semakin membuat rumah ataupun apartment mega kuningan tampak lebih menawan mirip dengan tampilan rumah yang menampilkan perabot klasik.

Kendati demikian, namun sayangnya tidak sedikit dari pengguna perabot ukiran ini, mungkin yang masih kebingungan memikirkan bagaimana sebenarnya cara membersihkan perabot ukiran ini. Mengingat, perabot ini memang cukup susah saat perawatan. Nah, untuk yang belum mengetahui cara merawat perabot ukiran ini, maka Anda bisa mengikuti trik yang kami berikan di bawah ini. Mari, disimak pembahasannya!

Memakai kuas berukuran kecil

Membersihkan debu yang menempel di bagian pinggir perabot, memang menjadi hal paling sulit untuk dikerjakan. Mengingat, bagian tersebut sangat sulit ketika dibersihkan dengan lap khusus. Namun, hanya dengan memanfaatkan kuas berukuran kecil, maka debu yang menempel di perabot ukiran pun bisa dengan mudah dibersihkan. Bagaimana cara pembersihannya? Cukup dengan menyapukan sisi ujung kuas ke bagian pinggir perabot ukiran, lakukan cara ini berulang kali sampai dengan debu menghilang dari perabot ukiran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah kuas dengan ukuran sekitar 1 inchi ataupun 1,5 inchi.

Menggunakan minyak kemiri

Perabot rumah tangga pun bisa dirawat dengan cara memberinya minyak kemiri. Caranya juga tidak terlalu susah, yang mana Anda tinggal membakar sekitar lima lembar daun kemiri kemudian diamkan sampai mengeluarkan minyak. Lalu, masukkan ke dalam kain kasa sambil dihancurkan, dan bisa langsung digunakan untuk membersihkan perabot ukiran. Dan jika Anda tidak mau repot harus membakar daun kemiri, Anda pun bisa langsung menggunakan minyak kemiri yang dijual di toko perawatan mebel. Sedikit pengetahuan, minyak kemiri ini digunakan untuk perabot ukiran yang memiliki warna jelas bukan untuk berwarna gelap.

Menyikatnya dengan semir sepatu

Selain itu, Anda juga bisa merawat perabot ukiran dengan menggunakan semir sepatu. Bagaimana caranya? Anda tinggal menyikat semir sepatu ini ke setiap celah perabot ukiran, kemudian diamkan sampai perabot tersebut kering. Alhasil, perabot ukiran pun akan terlihat mengkilap dari sebelumnya. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan untuk perabot ukiran dengan warna gelap.

Itu beberapa cara merawat perabot ukiran yang terdapat di rumah maupun apartemen rumah Anda. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *