Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Mengakses Wifi Gratis

internet
image source: Tech Viral

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan internet semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak fasilitas publik yang menyediakan internet gratis. Misalnya saja, banyak tempat makan dan workspace di Bali yang menyediakan internet Bali secara gratis. Dengan begitu kamu bisa mengaksesnya dengan perangkat apapun, baik laptop, ataupun smartphone Android yang berlogo robot hijau.

Bagaimana kalau di tempatmu? Apakah banyak juga yang menyediakan fasilitas wi-fi gratis dan apa kamu sering memanfaatkannya? Perlu diketahui, ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat memakai wi-fi publik lho. Check it out!

  • Menuliskan Data Pribadi

Biasanya jika kamu ingin mengakses suatu website seperti online shop biasanya diperlukan data pribadi. Nah sebelum menuliskan data pribadimu, jangan lupa untuk mengecek dulu wi-fi yang kamu gunakan. Misalnya kamu sedang berada di restoran, pastikan wi-fi yang kamu gunakan memang yang disediakan khusus oleh pihak restoran dan dilindungi oleh password. Jika kamu menggunakan wi-fi gratis tanpa password, jangan mudah percaya dan mengisi data pribadi ya, sebab banyak kejahatan siber yang bisa mencuri jaringan seperti ini demi mencuri data pribadi user.

  • Mengakses Konten Sensitif

Saat mengakses wifi publik, kamu perlu menyadari beberapa etika yang perlu ditaati. Hal ini diperlukan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Hindarilah mengakses konten NSFW atau berbau pornografi. Selain menyalahgunakan fasilitas publik, jika kamu mengakses konten sensitif di tempat publik tentunya juga akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar.

  • Boros Menggunakan Wi-fi

Perlu diingat kembali kalau fasilitas internet gratis dipersembahkan untuk kebutuhan bersama. Jadi, bukan hanya kamu yang berhak mengaksesnya. Orang-orang disekitarmu bisa jadi lebih membutuhkan akses internet untuk mengakses hal yang penting. Jadi jangan sampai kamu terlalu boros menggunakan wi-fi, misalnya digunakan untuk streaming film atau download file dengan size yang besar. Hal tersebut bisa mengganggu kestablian internet sehingga orang lain pun bisa terkena dampaknya.

Sebenarnya untuk menggunakan wi-fi publik tidak memerlukan banyak persyaratan. Hanya saja kamu perlu tahu risiko, bahaya, dan etikanya agar tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. Semoga bermanfaat ya (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *