rekeningBanyaknya bank yang berdiri di Indonesia mungkin membuat Anda bingung memilih yang mana. Bukan hanya software perbankan yang canggih saja, namun aspek pelayanan juga perlu diperhatikan agar Anda nyaman menabung di bank tersebut. Supaya tidak salah memilih bank, coba perhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu.

  • Ketahui biaya administrasi. Beberapa bank biasanya menetapkan sejumlah biaya administrasi yang mengurangi saldo tabunganmu setiap bulannya. Meskipun tarifnya tidak seberapa, jika diakumulasikan dalam satu tahun jumlahnya lumayan juga. Beberapa bank mematok jumlah yang berbeda-beda untuk biaya administrasi, tergantung dengan jenis tabungannya. Misalnya tabungan pelajar, umum, haji, dll. Jika Anda agak keberatan dengan potongan biaya administrasi ini, carilah bank yang membebaskan biaya administrasi sehingga saldo Anda tidak terpotong.
  • Saldo minimal dalam rekening. Saldo minimal merupakan saldo yang harus ada di dalam rekening sehingga tidak bisa ditarik. Biasanya saldo minimal yang diperlukan berkisar antara Rp100 ribu tapi beberapa bank ada yang tidak mengharuskan adanya saldo minimal, sehingga Anda bebas menarik saldo tanpa harus menyisakannya di rekening.
  • Ketersediaan ATM. Beberapa orang lebih memilih bank yang menyediakan ATM di banyak tempat, namun ada juga yang memilih sebaliknya. ATM yang tersebar dapat mempermudah Anda untuk melakukan tarik tunai sehingga membuat Anda lebih tergiur untuk menarik saldo. Namun, kembali lagi pada kebutuhan Anda. Apakah Anda memang seringkali perlu melakukan transaksi via ATM? Kalau begitu, pilih saja bank yang menyediakan ATM di berbagai tempat.
  •  Mudah untuk melakukan setoran. Hal ini juga perlu dipertimbangkan sebelum menetapkan pilihan untuk menabung di bank. Beberapa bank menyediakan ATM khusus yang dapat menerima setoran sehingga Anda tak perlu repot-repot untuk datang ke bank.
  • Customer service yang tanggap. Selain hal-hal di atas, jangan lupa perhatikan pelayanan bank-nya juga ya. Akan lebih nyaman jika Anda menabung di bank yang memberikan pelayanan cepat dan tanggap. Misalnya Anda membutuhkan sesuatu seperti ingin lapor kehilangan kartu atau masalah lainnya bisa segera diatasi.

Apakah sudah terbayang bank apa yang unggul dengan kelima poin di atas? Semoga membantu! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: