mobil rusak
image source: IndonesiAutosBlog

Rem mobil blong secara mendadak, memang sangat berisiko menimbulkan kecelakaan. Apalagi, ditambah dengan pengendara yang tidak mengetahui teknik mengatasi rem blong saat berkendara, tentu kondisi ini akan semakin meningkatkan terjadinya kecelakaan. Namun, apa sih sebenarnya yang bisa menyebabkan rem mobil ini blong? Apakah karena kelalaian pengendara yang jarang merawat kendaraannya dan tidak pernah mengganti oli mesin dengan oli mobil terbaik ataupun karena memang kondisi komponen mesin di dalam mobil yang sudah aus?

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat rem mobil Anda blong. Disimak, yuk!

  • Oli rem mobil sudah mulai menipis. Salah satu penyebab utama mengapa rem blong adalah oli rem sudah mulai menipis atau terkikis habis. Oli rem sendiri berfungsi untuk melumaskan komponen logam yang saling bergesekan di bagian mesin mobil. Jika oli rem ini habis, tentu sangat berisiko menghentikan laju kendaraan. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengecek keadaan oli rem ini secara berkala.
  • Kanvas pada bagian rem aus. Saat Anda mendadak mengerem mobil, apakah pernah mendengar suara yang keluar dari komponen tersebut? Jika pernah, maka tidak menutup kemungkinan bagian kanvas rem mobil Anda sudah aus, sehingga memunculkan suara berisik. Apabila ini tidak segera diatasi, tentu bisa mengakibatkan rem blong. Oleh sebab itu, pada saat Anda mendengar suara ini, sebaiknya langsung cek bagian kanvas rem mobil Anda. Bila terlihat aus, langsung ganti komponen tersebut dengan yang baru atau bawa ke bengkel untuk di cek oleh montir.
  • Bagian piston rem rusak. Bagian piston yang mulai aus, ternyata dapat pula menyebabkan rem mobil blong. Sebab piston sendiri bekerja dengan cara meneruskan tekanan hidraulis dari pedal, apabila ini bermasalah tentu bisa menghentikan laju mobil. Periksalah bagian piston ini secara rutin agar tidak menimbulkan rem blong tersebut.
  • Selang oli tersumbat karena kotoran. Rem blong juga bisa terjadi karena selang oli mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh menempelnya kotoran yang masuk dari luar. Kondisi ini tentu bisa menghambat oli yang akan diteruskan ke bagian komponen mesin mobil. Nah, jangan lupa, untuk selalu mengeceknya agar menghindari kondisi tersebut.

Itulah faktor penyebab yang membuat rem mobil Anda blong. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: