Ini Bisa Membantumu Agar Komunikasi Berjalan Lancar

komunikasi
image source: Grammarly

Komunikasi yang baik sangatlah penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan demi kelancaran komunikasi di perusahaan, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan uang lebih untuk memasang sistem telepon PABX dengan fitur terlengkap. Sebab mereka sangat menyadari bahwa komunikasi yang baik dapat menjadi penentu kesuksesan bisnis.

Namun sebenarnya komunikasi yang baik itu tidak hanya penting dalam dunia bisnis saja, loh. Dalam kehidupan sehari-haripun hal ini sangatlah penting. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Nah, untuk Anda yang saat ini sedang mengalami masalah ini, mungkin beberapa hal berikut ini bisa membantu Anda:

Bicara dan dengarkan

Anda senang berbicara? Namun ingatlah bahwa orang yang Anda ajak bicara juga pasti ingin mengutarakan sesuatu. Jadi jangan terlalu mendominasi pembicaraan dengan terus berbicara. Jadilah pembicara dan juga pendengar yang baik. Dengan begitu akan terjadi pembicaraan dua arah antara Anda dan lawan bicara Anda.

Fleksible

Jangan terlalu memaksakan pendapat Anda pada lawan bicara karena hal itu akan membuat percakapan yang sebelumnya menarik menjadi terasa menyebalkan. Jika lawan bicara Anda sedang membicarakan sebuah topik yang terlalu serius dan Anda kurang setuju, Anda bisa coba membantahnya dengan santai. Namun ketika lawan bicara Anda tetap pada pendapatnya, cobalah untuk mengalihkan topik ke yang lebih santai.

Situasi atau suasana

Perhatikan situasi atau suasana yang sedang terjadi ketika memilih topik untuk dibicarakan. Seandainya lawan bicara Anda sedang sibuk namun apa yang ingin Anda sampaikan cukup penting dan tidak bisa diundur, maka sampaikanlah dengan cepat, tepat, dan jelas. Tidak perlu berbasa-basi karena justru hal tersebut akan mengganggu lawan bicara.

Gunakan kata yang baik

Tidak semua orang senang diajak bicara dengan gaya yang akrab, khususnya jika Anda belum lama mengenalnya. Selain itu pilihlah kata-kata yang baik saat bicara. Sebab tidak banyak orang yang senang mendengar kata-kata kasar ketika sedang berada dalam percakapan.

Komunikasi yang baik dapat menentukan keberhasilan bisnis dan menjadi cara untuk menyelesaikan sebuah masalah. Namun sebaliknya, komunikasi yang buruk justru bisa menjadi sumber masalah besar. Jadi belajarlah untuk bisa menjalin komunikasi yang baik untuk menghindari munculnya masalah. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *