5 Manfaat Air Jahe Merah

jahe merah
image source: youtube

Jahe sudah dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk perut kembung dan untuk menghangatkan diri. Selain jahe yang biasa kita lihat dipasar ternyata ada juga jahe yang disebut jahe merah. Jahe merah utuh atau ekstrak jahe merah memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan jahe biasa. Sama seperti jahe biasa, jahe merah juga banyak digunakan sebagai obat-obatan.

Walaupun disebut jahe merah, sebenarnya dagingnya tidak berwarna merah. Warna dagingnya sama dengan jahe lainnya. Jadi bisa dibilang hanya kulitnya saja yang berwarna merah.  Penasaran apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh? Berikut ini daftarnya:

  • Menghilangkan Gangguan Pada Lambung. Maksud gangguan pada lambung di sini adalah masuk angin.  Jadi jika masuk angin, bisa dicoba meminum air jahe merah. Air jahe merah ini sangat gampang dibuat hanya dengan mencampurkan air hangat dengan beberapa irisan jahe merah kemudian diamkan beberapa saat baru diminum. Namun, jangan menyeduh jahe dengan air panas karena dapat merusak kandungan aktif yang tersimpan di dalam air jahe merah ini. Selain itu, meminum jahe merah juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan.
  • Membantu Gangguan Pernafasan. Gangguan pernafasan seperti asma ternyata bisa dibantu dengan meminum air jahe merah. Kandungan atsiri yang tinggi pada jahe merah memiliki manfaat untuk melegakan pernafasan. Pastikan jahe merah yang digunakan adalah jahe merah yang segar.
  • Mengobati Batuk dan Flu. Batuk dan malas minum obat? Coba minum segelas air jahe merah pada pagi dan malam hari. Untuk manfaat yang lebih baik, tambahkan madu karena madu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu membantu mengobati batuk dan flu, minuman ini juga cocok untuk diminum saat kelelahan.
  • Mengurangi Peradangan. Mengalami peradangan pada tenggorokan, pencernaan atau sendi? Konsumsi air jahe merah secara teratur. Jahe merah memiliki kandungan gingerol yang ternyata merupakan zat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh agar bisa melawan peradangan.
  • Membantu menurunkan tekanan darah. Air jahe merah ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah. Namun tidak boleh sembarangan dikonsumsi karena ini harus didiskusikan kepada Dokter masing-masing terutama yang sudah konsumsi obat Dokter. Jangan sampai jadi darah rendah.

Selain ke-5 manfaat ini tentu masih ada manfaat lain dari jahe merah ini. Dan pastinya penelitian – penelitian lebih lanjut perlu diadakan agar manfaat jahe merah lebih tergali dan bermanfaat bagi kita semua. Tetap sehat, ya -hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *