gembok cinta n seoul tower
gembok cinta n seoul tower by HelloMinata

Pingin ke Korea Selatan? Sudah beli paket tour ke Korea Selatan? Berarti saatnya urus Visa. Dan ternyata, tour yang dipilih tidak include pembuatan visa? Jangan khawatir karna buat Visa gampang kok. Biar gak salah, berikut ini persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum ke Embassy Korea Selatan:

  • Apakah dokumen sudah lengkap? Jika sudah lengkap berarti oke. Bingung dokumenmu lengkap atau enggak, coba cek artikel ku – Apa Saja Syarat Dokumen Multiple Visa ? Tunggu, kan buat Single Visa. Syarat dokumen Multiple Visa  dan Single Visa sama kok jadi bisa digunakan daftar yang ada pada artikel tersebut. Soalnya eke udah pernah  buat Single Visa dan Multiple Visa  Korea Selatan. Jangan sampai lupa bawa.
  • Pastikan terlebih dahulu hari yang kamu pilih bukan hari Besar Korea Selatan atau hari Besar Indonesia karna mereka libur.
  • Datang pagi karna loker pengajuan visa buka dari jam 09:00 – 11:30 untuk hari senin – jumat. Dan pas musim liburan, tempatnya bakalan penuh jadi pagi lebih baik. Bosan cui, kelamaan di dalam soalnya gak boleh foto-foto, gak boleh makan dan minum, apalagi gak boleh main kartu loh. Hahha Toh Bank untuk pembayaran Visa-nya sudah buka dari jam 08:00 pagi jadi tidak ada salahnya datang pagian.
  • Lamanya proses pembuatan Visa Single Visa dan Double Visa – 5 hari kerja; sedangkan Multiple Visa – 1 hari kerja. Locker pengambilan Visa buka dari jam 13:30 – 16:30. Jadi sangat disarankan untuk tidak mepet untuk pengajuannya.
  • Bawa uang tunai yang cukup karna pembayaran Visa hanya bisa Tunai. Berapa yang perlu dibawa? Harga terupdate sejak 1 Oktober 2018 adalah Single Visa – Rp 592,000; Single Visa untuk masa tinggal di atas 90 hari – Rp 888,000; Double Visa – Rp 1,036,000; dan Multiple Visa – Rp 1,332,000.
  • Baterai HP perlu dicash penuh biar tidak bosan saat menunggu.
  • Bawa KTP, takut diminta pada saat melewati gerbang ke-2 alias Gerbang Asli Embassy Korea Selatan. Kadang-kadang diminta, kadang-kadang enggak diminta. Jadi amannya dibawa aja.
  • Bawa Lem UHU Kertas untuk menempel PERANGKO yang nanti akan diberikan padamu setelah pembayaran Visa. Sebenarnya satpam di dalam ruangan menyediahkan selotip dan lem, namun lebih baik bawa sendiri karna kita tidak tahu kapan selotip dan lem yang dipersiapkan pak Satpamnya habis.
  • Jangan lupa berdoa agar lancar

Note tambahan:

  • Umumnya Embassy Korea Selatan tidak mengadakan interview untuk pegajuan Visa. Namun ada case khusus, di mana mereka akan memintamu untuk datang interview.
  • Jika dokumen yang kamu ajukan tidak lengkap, kamu akan diinformasikan langsung dan diberi waktu untuk melengkapinya.

Kamu sudah siap, saatnya berangkat ke Embassy Korea Selatan. Let’s Go!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: