Memberikan Angpao Sebagai Bentuk Doa?

angpaoSatu kegiatan yang selalu dilakukan sebelum imlek adalah mencari kantong angpao baru. Dengan perkembangan teknologi, angpao pun sudah bisa dibeli secara online sehingga waktu yang ada dapat dialokasikan mempersiapkan hal lainnya seperti bersih-bersih rumah, buat kue atau cari baju baru. Kabar gembira bukan?

Kabar gembira lainnya adalah toko-toko online sangat banyak menawarkan promo menjelang hari-hari besar. Karena sudah mendekati hari raya imlek, tentu saja promo-promo imlek pun bertebaran. Dan promo imlek di blanja merupakan salah satu yang paling mengiurkan karena produk-produk imlek yang ditawarkan lengkap. Bisa membeli angpao dengan murah tentu bisa menghemat pengeluaran walaupun dikit.

promo imlekAngpao yang dibeli tentu tidak boleh sembarang. Dalam tradisi imlek, angpao harus berwarna “Ang” (dalam basasa Indonesia: merah). Agar lebih terlihat mewah dan meriah, tidak sedikit angpao ditambahin dengan warna emas dalam bentuk tulisan atau hiasan. Tentu saja selain warna emas, beberapa warna lain juga digunakan. Warna lain yang digunakan adalah jingga, pink, hijau atau warna lain disesuaikan dengan hiasan yang ada pada permukaan angpao.

Warna merah pada angpao ini bukan tidak memiliki arti. Merah meemiliki arti kebahagiaan, keberuntungan dan semangat. Dan pemberian angpao melupakan simbol agar penerimanya diberikan nasib yang baik, bahagia dan beruntung. Uang yang ada di dalamnya bukanlah inti dari tradisi pemberian angpao. Bisa dibilang tradisi pemberian angpao adalah pemberian doa agar orang yang belum menikah bisa mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan yang baik.

Ehm, uang yang di dalam angpao tidak ada makna sama sekali? Uang yang di dalam angpao diberikan untuk menyenangkan penerima. Sayangnya masih banyak orang yang menggangap angpao sebagai bentuk bonus karena mereka mendapakan uang padahal ada arti berat dibaliknya selain bahagia, beruntung dan semangat terutama untuk orang yang belum menikah.

Seperti yang diketahui pada umunya, orang yang boleh memberikan angpao adalah orang yang sudah menikah. Orang yang belum nikah, tentu akan tetap menerima angpao biarpun usianya sudah usia kerja. Arti dari pemberian angpao bagi orang yang masih single adalah pengharapan agar penerima bisa berbahagian serta beruntung sehingga dapat menemukan pasangan hidup dan menikah. Berat sekali bukan? haha, tapi tanggapi santai aja karena ini berarti banyak yang sayang dan mendoakan biar penerima bisa menikah dan bahagia.

Stay positive!! Dan terima saja angpao selama bisa karena sesudah menikah, giliran kamu yang memberikan angpao. Untuk pasangan, serahkan pada yang di atas. –hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *