Investasi yang Cocok Untuk Tabungan Masa Depanmu

investasi
source: HDFC Life

Setiap orang pingin suatu saat mereka bisa masuk fase kebebasan financial dimana mereka tidak perlu takut akan masalah keuangan lagi. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan investasi masa depan. Apa itu investasi masa depan? Ehm, investasi untuk masa depanmu. Berikut ini beberapa investasi yang bisa dilakukan

Investasi Aman

Investasi aman adalah investasi dimana Anda pasti untung namun tentu keuntungannya kecil. Berikut ini daftar investasi tanpa resiko atau dengan resiko minim yang dapat dipilih:

Tabungan Atau Deposito

Investasi paling aman tanpa ada resiko sama sekali adalah menabung. Setiap bulannya uang penghasilan langsung dipisahkan untuk ditabung. Namun perlu diketahui bahwa bunga tabungan sangatlah kecil bahkan belum tentu bisa menutupi biaya admin perbulannya.

Jika kamu memiliki uang tunai dalam jumlah yang banyak, lebih disarankan memilih deposito dibandingkan tabungan biasa. Deposito memiliki bunga yang lebih besar dengan biaya admin yang kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Untuk deposito, setiap bank menawarkan bunga dan persyaratan minimal dana yang berbeda-beda jadi perlu dicek terlebih dahulu.

Tanah atau Properti

Investasi menguntungkan dengan resiko minim adalah tanah atau properti. Investasi ini masuk dalam kategori jangka panjang terutama untuk rumah, vila dan tanah. Resikonya adalah salah beli. Salah belinya adalah lokasi yang kurang strategis sehingga kenaikan harga dikit dan susah dijual. Jadi klo dibilang rugi, enggak juga sih karena harga tanah dan properti pasti naik seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya kebutuhan. Pastikan sebelum pembelian, Anda memastikan lokasi, keaslian sertifikat, dan kisaran kenaikan harga pertahunnya.

Emas

Investasi emas juga bisa dikategorikan sebagai investasi jangka panjang dengan resiko yang minim. Harga emas terus naik walaupun ada saatnya juga turun. Namun penurunan ini hanya bentar karena setiap tahun pastinya harga jual emas makin tinggi. Pastikan membeli dengan badan penjual emas yang dapat terpercaya dan memiliki sertifikat.

Investasi Beresiko

Untuk mendapatkan keuntungan besar tentu resiko yang ditawarkan pun besar. Berikut ini daftar investasi beresiko yang dapat dipilih:

Reksa Dana

Investasi ini bersifat jangka panjang jadi jangan cepat-cepat ditarik. Reksa dana merupakan invetasi dengan biaya yang tidak sebesar investasi saham. Pada umumnya reksa dana, menawarkan pilihan investasi mulai dari Rp 100,000. Jadi untuk pemula dalam investasi beresiko, investasi merupakan pilihan yang tepat. Dan enaknya lagi investasi ini dapat diurus dan dibantu oleh manajer investasi. Sekarang banyak kok bank-bank yang menawarkan investasi reksa dana dimana mereka bekerja sama dengan manajer investasi reksa dana yang sudah berpengalaman.

Saham

Investasi saham merupakan investasi yang paling beresiko namun hasilnya juga bisa besar jika untung. Modal yang dibutuhkan untuk investasi ini adalah minimal RP 1 juta – Rp 5 juta. Namun banyak juga saham-saham yang bisa dibeli dengan modal di bawah Rp 1 juta tergantung sama peraturan dari broker atau pialang saham yang Anda pilih.

Semoga artikel ini membantu. Dan ingat pahami resiko saat berinvestasi, semakin besar keuntungan yang ingin didapat tentu resiko investasinya akan semakin tinggi. -hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *