Makanan Khas Raja Ampat yang Patut dicoba

Semakin berkembangnya bisnis pariwisata Indonesia terutama di daerah Raja Ampat, semakin banyak juga transport dan akomodasi yang diperlengkapi. Tidak hanya itu Pemkab Raja Ampat pun mengadakan Festival Kuliner Raja Ampat yang pastinya menampilan berbagai kuliner khas Raja Ampat. Dan setiap ada menu baru, mereka akan mengenalkannya terlebih dahulu pada Festival Kuliner ini. Jika udah dikenal baru mulai dipasarkan berdasarkan info dari Abdul Faris Umlati, Bupati Raja Ampat.

Btw, bagi yang belum tahu makanan khas Raja Ampat, berikut ini beberapa daftarnya:

Sayogof

Makanan ini menggunakan kerang laut sebagai bahan baku kerang laut yang dibakar atau digoreng agar rasanya gurih. Untuk menyempurnahkan penyajiannya, menu ini dihidangkan bersamaan dengan sagu. Sagu merupakan makanan pokok di Raja Ampat sehingga tidak aneh jika kebanyakan makan dihidangkan berbarengan dengan sagu.

Sate Ulat Sagu

sate ulat sagu
source image: Detik Travel

Makanan ini beneran khas Raja Ampat banget. Ulat sagu ini dapat ditemukan di batang pohon – pohon sagu yang sudah tua. Bagi masyarakat asli Raja Ampat, mereka terbiasa mengkonsumsinya langsung alias tidak diolah terlebih dahulu. Wah, gak mau makan? Jangan khawatir karena sekarang ulat sagu ini sudah dioleh menjadi sate.  Rasanya gimana? Rasanya kenyal kaya permen karet dengan paduan sedikit rasa manis serta sedikit rasa asin. Dan percaya atau tidak, makanan ini kaya akan protein jadi bagus loh buat kesehatanmu.

Tapi bagi kamu yang ingin mencoba ulat sagu hidup, jangan khawatir. Karena masih banyak tempat-tempat yang menjual menu ulat sagu hidup dengan tambahan bumbuh agar lebih enak. Coba tanya pada pemandu aja, pasti langsung ketemu. Atau kamu mau coba olahan ulat sagu lainnya?

Cacing Laut Bakar

cacing laut
source image: secarik berita untuk indonesia

Cacing laut di Raja Ampat ini mirip sekali dengan belut namun dengan ukuran yang lebih kecil tentunya. Biasanya cacing laut ini banyak ditemukan dipingiran pantai. Cara pengelolahannya sangat gampang yaitu, memotong bagian ekor dan kepala. Setelah selesai dipotong, badannya akan dilumuri bumbu manis kemudian dibakar.

Selain 3 makan di atas, masih banyak makanan lainnya yang patut dicoba seperti menu ikan dan sayur-sayurnya. Oiya, ke-3 makanan ini menggandung protein yang sangat tinggi dan dipercaya dapat meningkatkan stamina. Dikarenakan makanan di Raja Ampat banyak yang dapat meningkatkan stamina, untuk menetralisirnya masyrakat di Raja Ampat lebih memilih menggunakan bumbu manis dibandingkan bumbu cabe atau bumbu pedas lainnya. Jadi yang suka pedas, amanya bawa sambal sendiri yo, karena di sini jarang ada makanan pedas. –hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *