search offline Google
source: google

TV kabel dan internet merupakan sebuah kebutuhan di sudah sangat susah dipisahkan dari kehidupan masyarakat terutama yang tinggal di kota. Tentu saja ketergantungan ini membuat pasar bisnis TV kabel dan internet semakin memacu diri untuk memberikan layanan terbaik dan terbaru. Apa penggunaan internet secara terus menerus baik atau tidak? Jujur jawabannya sangat relative, jika kertergantungan hingga membuat kita melupakan sekeliling dan orang lain tentu bisa dibilang hal ini sudah tidak baik dan lebih disebut kecanduan. Jadi pergunakanlah internet secara bijak.

Kebanyakan kita menggunakan apps Google di dalam smartphone untuk melakukan browsing. Namun kadang-kadang hal ini terkendala dengan koneksi internet yang burut misalnya pas kita berada di dalam lift atau tempat lain yang susah sinyal. Hal ini sangat sering terjadi dan semua pernah mengalaminya tidak ada pengecualian.

Untuk mengatasi masalah ini, Google meluncurkan fitur pencarian offline pada aplikasi Google Search untuk Android yang bisa ditemkan di halaman home di deratan atas menu apps di layar. Gak percaya? Coba cari di Kompas Online mengenai informasi ini. Dan pasti ada artikelnya, yakin abis dah.

Tapi apakah bisa kita mencari secara offline? Gimana data bisa ditarik jika tidak ada koneksi internet bukan? Yap, hukumnya emang begitu dan Google sendiri pun tidak bisa membantahnya. Jadi Google bohong dong? Tidak bohong. Gini biar jelas dan tidak ada asumsi , dijelaskan dikit deh fungsi dan gimana cara kerja pencarian offline yang dimaksud oleh Google.

Para pengguna bisa melakukan browsing tanpa koneksi internet dengan Google apps, namun hasil pencariannya tidak langsung muncul. Misalnya, Anda membutuhkan informasi tempat upload dan sharing file yang umum digunakan, Anda tinggal mengetikkan kata kunci tersebut meskipun saat itu sedang tidak ada koneksi internet. Ketika smartphone kembali terkoneksi dengan internet , Google akan memberikan notifikasi bahwa hasil pencarian Anda yang sebelumnya dimasukan sudah tersedia.

Cukup menekan notifikasi itu, lalu Anda secara otomatis akan dialihkan ke aplikasi Google. Informasi yang dicari pun langsung tercantum. Dengan adanya Google apps ini, Anda tidak perlu lagi masuk secara manual ke aplikasi dan mengetik ulang kata kunci untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Jadi bisa dibilang dengan fitur / mode offline ini, pencarian Anda disimpan hingga terhubung lagi dengan internet. Mekanisme yang digunakan bukanlah pengunduhan namun penundaan sementara hingga akhirnya terkoneksi kembali dengan internet.

Untuk mengaktifkan >> buka Google apps >> pilih “Offline Search” >> aktifkan “Always Retry Search”

Semoga informasi membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: