Oymyakon, Kota Paling Dingin di Dunia

omyakon
source: google

Liburan identik dengan paket internet cepat dan murah. Pasalnya, selama berlibur pastinya kamu ingin terkoneksi dengan semua sosial mediamu dan mengunggah foto-foto menarik selama liburan. Rasanya tidak bisa dibayangkan deh jika harus liburan tanpa internet!

Eits, tapi jangan senang dulu. Jika kamu liburan ke tempat ini, kamu harus siap mengucapkan selamat tinggal pada internet. Kota berikut ini memiliki pemandangan yang indah dengan salju yang menutupi permukaan tanahnya namun tidak memiliki koneksi internet! Simak liputan lengkapnya, ya.

Berada di sebelah utara Rusia, Oymyakon terkenal sebagai kota terdingin di dunia. Jika selama ini kamu menganggap udara di kotamu pada musim dingin adalah yang paling dingin, maka kamu harus mampir ke Oymyakon. Di sini, udara rata-ratanya adalah -58 derajat Fanrenheit dan bahkan bisa lebih dingin dari pada itu!

Dalam sepanjang sejarah suhunya, udara paling dingin yang pernah menimpa Oymyakon adalah -160,16 derajat Fahrenheit di tahun 1924. Yak, kamu tidak salah baca. Minus seratus enam puluh koma sekian! Waduh, terbayang dong betapa dingin dan bekunya udara di sana! Dengan udara yang sedemikian ekstremnya, Oymyakon pun resmi menjadi kota terdingin di dunia. Bahkan, ketika udara sudah terasa sangat dingin dan mereka tak mampu mencari makan, penduduk di sana pun terbiasa untuk menyantap hewan piaraan mereka seperti kuda dan lain sebagainya untuk bertahan.

Oymyakon dikenal juga sebagai “Pole of the Cold”. Kota kecil ini dihuni oleh sekitar 500 orang penduduk asli. Dulunya, Oymyakon merupakan kawasan untuk memberi minum para hewan peliharaan. Tidak heran jika nama kota ini disebut sebagai ‘oymyakon’ yang berarti ‘non-freezing water’. Nama yang kemudian sangat kontradiktif karena kota ini hampir selalu membeku setiap saat. Bahkan, saking ekstremnya, sekolah di Oymyakon selalu diliburkan jika temperatur mencapai -60 derajat Fahrenheit. Dan sayangnya, hal ini hampir selalu terjadi.

Apakah hidup di Oymyakon seburuk itu? Jawabannya tidak juga. Pasalnya meski sudah terkenal sebagai kota paling dingin di dunia, nyatanya masih banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Mereka ingin merasakan bagaimana rasanya hidup di Oymyakon yang konon katanya dapat membekukan tinta dalam pulpen atau membuat kacamata kamu membeku alih-alih berembun. Dan seperti yang sudah dibahas di atas, jangan harap kamu bisa hidup dengan internet karena di Oymyakon sinyal telepon pun tidak tersedia.

Kalau kamu, tertarik tidak untuk main di Oymyakon?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *