Beberapa Program Jasa Pemeliharaan dari United Tractors

perawatan alat beratBagi Anda yang bergelut di bidang bisnis properti atau konstruksi, pemeliharaan alat berat termasuk spare part alat berat Komatsu-nya sudah pasti masuk ke dalam daftar things to do secara berkala. Ya, pemeliharaan alat berat ini memang sangat penting sama halnya dengan pentingnya menjaga keselamatan pekerja saat mengoperasikan alat berat. Dengan perawtan yang rutin maka diharapkan performa alat berat tidak berkurang dan tidak menurun. Namun demikian, pemeliharaan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, jangan khawatir. Sebab beberapa produsen alat berat ternyata memiliki layanan tersendiri yang bisa menguntungkan Anda sebagai konsumen, lho. Salah satunya adalah program jasa pemeliharaan yang ditawarkan United Tractors. Seperti apa layanannya? Simak dalam artikel berikut ini:

  • NDT atau Non Destructive Test. NDT adalah sebuah program yang bertujuan untuk mengurangi biaya perawatan chasis pelanggan. Program ini menawarkan pengecekan chasis secara berkala di mana pelanggan sendiri yang menetapkan jadwal perawatannya. Tidak hanya itu, jika chasis milik pelanggan berada dalam sebuah kondisi tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya, maka komponen chasis seperti track-link, carrier, track-roller, dan idler bisa diremajakan kembali. Tentunya, hal ini sangat menguntungkan pelanggan sebab pelanggan bisa mengurangi biaya hingga 60% dibanding harus membeli komponen baru.
  • FMC atau Full Maintenance Contract. Tentunya, program perawatan alat berat tidak akan lengkap tanpa sistem pengawasan terhadap peralatan yang digunakan untuk operasional. Untuk itu, FMC hadir untuk memfasilitasinya. FMC sendiri bertujuan untuk menentukan arah pengembangan tiap peralatan terkait produktivitas, biaya perawatan, performa peralatan serta untuk mendapatkan biaya per jam dan kapasitas produksi tahunan, bulanan, harian hingga per jam. Mengutip dari website resmi KlikUT, tertulis bahwa program ini dijalankan oleh pelanggan dan metodenya ditetapkan melalui konsultasi di kantor cabang United Tractors. Divisi Application Engineering dari UT siap untuk membantu Anda memecahkan masalah lapangan seperti administrasi dan organisasi lapangan, peningkatan efisiensi, dan juga implementasi manajemen lapangan.
  • PAP atau Program Analisa Pelumas. Analisa pelumas merupakan sebuah metode yang berguna untuk mendeteksi penurunan performa suku cadang internal. Cara kerjanya adalah dengan mengambil sampel oli dari alat berat yang telah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Nantinya, tiap sampel dari oli ini akan dianalisis di laboratorium untuk menentukan jenis dan kuantitas metal yang terkandung di dalamnya. Hasil analisis ini akan dipergunakan untuk memperkirakan tingkat kerusakan atau penurunan yang terjadi. Bisa juga digunakan untuk mengidentifikasi masalah pengapian mesin, kebocoran pendingin atau bahan bakar ke dalam oli mesin sehingga mampu mengidentifikasi kerusakan fatal sebelum terjadi. Penerapan analisis itu sendiri diterapkan untuk komponen alat berat seperti engine, differential, final drive dan komponen hidrolik.

Tiga layanan di atas adalah segelintir dari sekian banyak layanan jasa pemeliharaan yang ditawarkan oleh United Tractors. Sebagai pelanggan, tentunya layanan-layanan ini sangat membantu untuk merawat alat berat milik Anda, bukan? Semoga membantu! (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *