Tidak ada orang tua yang ingin bayi mereka sakit. Berbagai cara mereka lakukan untuk memastikan bayi mereka tumbuh dengan sehat dan baik, salah satu caranya adalah memberikan makanan yang penuh gizi. Beberapa forum ibu hamil terdapat thread yang membahas makanan sehat yang bisa diberikan kepada bayi di atas umur 8 bulan. Kenapa hanya untuk bayi di atas 8 bulan? Bayi di bawah umur 8 bulan, hanya disarankan mengkonsumsi susu ASI dikarenakan pencernaannya yang masih belum sempurna. Pada masa mnyusui ASI, Bunda didorong untuk mengkonsumsi makanan sehat agar gizi dari makanan tersebut dapat diberikan kepada bayi melalui ASI.

Berikut ini 5 makanan super dan sehat  bayi:

Alpukat

Buah alpukat merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi bayi karena buah ini mengandung banyak nutrisi, omega 3 dan lemak baik yang dapat membantu perkembangan bayi.

Ide penyajian: Papa atau Mama hanya perlu mencampur alpukat dan asi (jika tidak ada, ganti dengan susu fomula cair atau air) kemudian di blender hingga halus. Ketika bayi sudah lebih gede, papa mama bisa menyajikan alpukat tumbuk yang telah dicampur dengan lemon dan asi.

Jeruk Mandarin

jeruk mandarinRasa jeruk mandarin (mandarin orange) kadang asem dan manis ternyata disenangi oleh bayi berdasarkan informasi yang dilansir dari babycenter.com.  Jeruk mandarin mengandung vitamin C dan antioxidant yang tinggi.

Ide penyajian: Jeruk mandarin bisa diperas dan diminum. Jika bayi sudah memiliki gigi, jeruk nipis bisa langsung diberikan kepada bayi tanpa diolah.

Blueberry

blueberrySiapa yang tidak tahu bahwa blueberry mengandung banyak nutrisi. Bahkan buah blueberry mengandung antioxidant yang lebih tinggi dibandingkan buah segar lainnya.  Blueberry sangat bagus untuk perkembangan otak dan sistem syaraf.

Ide penyajian: Blueberry bisa dibuat sebagai jus dengan campuran sedikit asi sebagai pegganti air; atau diberikan begita saja ketika bayi sudah memiliki gigi.

Oatmeal / Gandum

oatmeal gandumGandum sudah dikenal sebagai sumber serat yang kaya akan vitamin E, zat besi, magnesium, selenium dan protein. Gandum merupakan pilihan tepat untuk sarapan.

Ide penyajian:  Cara penyajiannya sangat gampang banget, papa dan mama tinggal menyeduh atau memasak oatmeal dengan air panas kemudian menyajikannya dengan tambahan buah atau kacang.

Chia Seed

chia seedSudah beberapa tahun Chia Seed dilabel sebagai makana super sehat dikarenakan kandungan omega 3, magnesium, fiber, zat besi, protein dan antioxidant yang sangat tinggi. Berbagai penelitian pun menunjukan bahwa Chia Seed sangat baik untuk kesehatan.

Ide penyajian: Chia Seed bisa ditaburkan di atas makan atau minuman seperti jus alpukat, oatmel rebus dan lainnya. Tinggal ditabur dan dimakan.

5 makanan super dan sehat untuk bayi yang gampang dibuat tentu tidak akan banyak menyita waktu papa dan mama.  Bayi sehat, orang tua tenang. Sampai jumpa di artikel 5 makanan super dan sehat untuk bayi (part 2) –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: