buah wasabiDuduk di atas rumput sintetis lapangan futsal sambil menunggu teman yang belum selesai bermain, lama-lama bosan. Hijaunya rumput sintetis, sangat mirip dengan hijaunya wasabi. Loh kok wasabi? Maklum lagi lapar dan pingin makan sushi. Keingat wasabi, keingat dengan berita kompas yang berjudul “Wasabi yang Anda Makan Selama Ini Mungkin Bukan Asli”, sontak aja kaget pas baca judulnya. Ternyata bukan hanya rumput yang punya KW tetapi ternyata wasabi juga punya KW.

Seperti yang kita tahu wasabi teman makan sushi dan sashimi. Namun tahukan bahwa kebanyakan wasabi yang disajikan di luar Jepang bukanlah wasabi asli? Wait, maksudnya? Wasabi asli dibuat dengan bahan baku akar tanaman Wasabia Japonica yang merupakan tanaman asli negara Jepang. Selain Jepang, tanaman ini juga bisa ditemukan di Taiwan, Cina, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Masalahnya adalah tanaman Wasabi Japonica merupakan tanaman yang memerlukan waktu yang cukup lama. Alasan inilah yang membuat kebanyakan orang memilih Horseradish. Horseradish cepat tumbuh dan lebih murah. Agar mirip dengan wasabi, biasanya Horseradish dicampur dengan mustard dan perwarna makan.

Berdasarkan informasi dari Huffingtonpost, di Jepang sendiri banyak yang mencampurkan wasabi asli dengan Horseradish. Hal ini dikarenakan permintaan wasabi sangat tinggi sedangkan produksi produknya terbatas.

wasabiPerbedaan wasabi asli dengan wasabi yang dibuat dengan Huffingtonpost lumayan banyak dan sangat terasa banget. Berikut ini perbedaan ke-2 wasabi:

  • Wasabi asli memiliki tekstur yang lebih halus dan terasa lebih segar dibandingakan wasabi Huffingtonpost.
  • Sensasi pedas dari wasabi Huffingtonpost bertahan di mulut dan tenggorokan dalam kurung waktu yang cukup lama dibandingkan wasabi asli.
  • Wasabi asli hanya akan diparut ketika akan disajikan. Hal ini dikarenakan rasa wasabi asli hanya bertahan selama 15 menit. Setelahnya rasa wasabi asli sudah berkurang.

Seiring dengan perkembang zaman, pembuatan dan bahan utama pembuatan wasabi Huffingtonpost diganti. Hal ini dilakukan agar tekstur  dan rasa wasabi Huffingtonpost bisa semakin mendekati tektur dan rasa wasabi asli. Beberapa produsen bahkan sudah membuat wasabi Huffingtonpost menjadi sangat harus dibandigkan wasabi asli, agar mudah digunakan seperti kebanyakan wasabi yang kita temukan di tempat makan sushi di Indonesia.–hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: