apartemen kecil
image source: Interior Design Ideas

Dengan semakin banyaknya available apartment in Jakarta dengan berbagi ukuran dan harga. Bagi  kita yang baru mulai bekerja, tentu apartement yang sesuai budget merupakan apartement dengan ukuran yang kecil seperti studio. Agar apartement kecil kita terlihat lebih luas dan bagus, berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan:

Jangan Menumpuk Barang

Agar apartement terlihat luas, jangan memiliki kebiasaan menumpuk barang terutama barang yang kemungkinan tidak akan pernah digunakan. Jika ada barang-barang yang sudah tidak digunakan, kita bisa berikan kepada orang lain, sumbangkan atau jual sebagai barang bekas. Semakin banyak barang yang tidak digunakan menumpuk, semakin sempit ruangan apartement kita.

Pencahayaan Sangat Penting

Pencahayaan yang tepat bisa membuat apartement terlihat hangat, nyaman dan tidak sumpek. Pencahayaan yang dimasuk adalah dari matahari dan lampu. Untuk lampu utama, gunakanlah lampu berwarna putih agar ruangan tidak terlihat gelap. Dan lampu kuning untuk lampu meja atau standing lamp.

Untuk pencahayaan natural gunakan agar kain gorden yang tidak terlalu tebal untuk lapisan pertama. Dengan gorden yang tipis, pencahayaan dari luar akan lebih mudah masuk terutama untuk pagi – sore. Jika masih bingung, coba deh baca artikel cara membuat ruang tampak terang yang lebih detail.

Buat Tempat penyimpanan Tersembuyi

Sekarang banyak loh furniture yang memiliki ruang penyimpanan rahasia yang tentu dapat kita fungsikan sebagai tempat penyimpanan kain pel, sprei, baju dan lainnya. Dengan cara ini, menghemat kita membeli lemari-lemari besar yang membuat ruangan terlihat makin sempit.

Jangan Membeli Furniture dengan Ukuran Besar

Ingat seberapa besar apartement yang kita miliki. Jangan sembarangan membeli furniture terutama furniture dengan ukuran besar jika apartement yang kita miliki kecil. Lakukan pengukuran luas setiap ruangan apartment kita untuk menentukan seberapa besar furniture yang bisa digunakan.

Tidak Ada Rotan, Akar pun Jadi

ruang tamu
image source: Home Interior Help

Seperti kata pepatah, tidak ada rotan, akar pun jadi. Jika ruangan terlalu kecil untuk sebuah sofa, kenapa tidak diganti dengan karpet dan bebrapa bantal? Jadi kita buat ruang tamu lesehan. Dan ruang tamu ini bisa dimultifungsikan sebagai ruang makan dengan menambahkan meja sehingga menjadi ruang makan lesehan. Bisa kan? Lebih hemat ruang dan lebih hemat uang.

Semoga artikel ini berguna -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: