permen karet di jok mobilAnda tidak cukup merawat mobil hanya dengan menggunakan oli mobil terbaik, tetapi juga harus memerhatikan penampilan dan kebersihan interior mobil. Interior mobil yang kotor dapat membuat kerja AC dua kali lebih berat karena harus menyaring udara-udara kotor. Untuk itu, lebih berhati-hatilah saat makan dan minum di dalam mobil. Jangan sampai menyisakan serpihan makanan atau bahkan menumpahkan minuman di jok mobil.

Namun, terkadang ada saja hal-hal yang tidak dapat kita cegah. Misalnya seperti ketika tidak sengaja menduduki permen karet dan baru menyadarinya ketika kita sudah duduk di dalam mobil. Tentunya noda permen karet akan tertinggal di jok mobil. Sebalnya, noda permen karet adalah satu noda paling bandel yang susah diatasi. Akan tetapi, dengan trik ini, noda permen karet dapat terangkat dengan mudah!

  • Bekukan noda permen karet

Untuk membuat noda permen karet lebih mudah diangkat, Anda harus membekukannya terlebih dahulu. Gunakan potongan es batu yang dimasukkan dalam kantong plastik atau kain tebal. Kemudian tempelkan kantong es tersebut selama kurang lebih 5 menit.

  • Gunakan pisau dengan hati-hati

Setelah noda permen karet mengeras, Anda bisa mengangkatnya dengan menggunakan pisau. Pastikan posisi pisau rata dengan jok mobil agar tidak menusuk ke dalam. Untuk melakukannya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar noda permen karet dapat terangkat dengan maksimal.

  • Angkat noda dengan cuka putih

Kemudian, Anda bisa mengangkat noda yang tersisa dengan menepuk-nepuk sepotong kain kecil yang sudah direndam dengan cairan cuka putih hangat. Namun ingat, cuka putih hanya bisa dilakukan pada jok mobil yang terbuat dari kain atau vinyl. Hindari menggunakan cuka putih pada jok mobil kulit.

  • Bersihkan sisa noda

Jika masih ada noda yang tersisa, Anda bisa menggosoknya dengan sikat gigi. Sebelumnya, celupkan sikat gigi ke campuran berikut: 1 sdm. sabun cuci piring cair, 1 sdm. cuka putih, dan 2 cangkir air hangat. Kemudian angin-anginkan jok hingga kering.

  • Angkat noda sampai habis

Untuk hasil yang maksimal, gunakan potongan selotip dan tempelkan ke noda permen karet lalu tarik agar noda permen karet ikut terangkat. Ulangi hingga bersih. Kemudian semprotkan degreaser untuk membersihkan sisa minyak atau lemak. (source: wikihow)

Well done, kini jok mobil Anda terlihat bersih seperti semula! (Rima)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: